Ayo Main Scrabble!

Scrabble? Apaan tuh?
Hehehe.. Scrabble adalah salah satu board game klasik yang dimainkan sejak lama. Diciptakan oleh Alfred Mosher Butts pada tahun 1938, yang merupakan seorang arsitek. Beliau merancang papan permainan, perhitungan skor, bobot tiap huruf, dan peraturannya.

Saya kenal Scrabble waktu duduk di kelas dua di SMAN 3 Bandar Lampung. Waktu itu sekolah mau mengutus perwakilan untuk ikut lomba di Universitas Lampung, saya serta 3 orang teman lainnya ditunjuk sebagai wakil sekolah.
Kami dilatih intensif oleh seorang mentor untuk mengetahui taktik serta melatih ketajaman serta memperkaya kosa kata dalam bahasa Inggris.

Ini adalah blank board ketika permainan belum dimulai. Ada kotak yang bertanda DW (Double Word), DL (Double Letter), TW (Triple Word), TL (Triple Letter)  itu artinya, jika kata yang dibuat melewati kotak tersebut, kata atau hurufnya bernilai 2 kali atau 3 kali sesuai dengan ketentuan tadi. Jika dalam satu kata ada huruf yang melewati DL dan DW berbarengan yang berarti nilai yang diperoleh akan makin tinggi. Kata yang diletakkan oleh pemain pertama, salah satu hurufnya harus melewati tanda bintang di tengah papan, dan nilai kata pertama selalu dikali dua. Jadi, jika dengan huruf diatas, saya akan meletakkan HOOP, maka salah satu huruf harus berada di kotak bertanda bintang, dan nilai yang saya dapat adalah (4+1+1+3) x 2 = 18.

Dalam permainan scrabble dengan papan fisik, perhitungan skor dilakukan secara manual, baik itu oleh pemain sendiri atau pihak ketiga. Tapi sekarang, perhitungan skor dilakukan secara langsung. Berikut contoh papan yang sudah dimainkan.

Cara Bermain
Ada papan permainan seperti ini, dan ada tile huruf yang memiliki nilai bervariasi mulai dari 1-10, serta blank tiles yang bisa digunakan sebagai huruf apa saja sesuai keinginan kita. Bobot nilai tergantung dari huruf yang sering digunakan, atau kurang sering digunakan. Contoh: huruf a i u e o, n s t bernilai 1. Huruf b m p bernilai 3. Huruf q dan z bernilai 10.
Jumlah pemain adalah 2 – 4 orang.
Setiap peserta dibagikan 7 tiles huruf secara acak. Tiap peserta secara bergiliran membuat kata yang memiliki arti sesuai standar kamus yg sudah ditetapka secara global. Setiap kata yang dibuat harus saling bersambungan seperti pada teka teki silang. Pemain yang berhasil membuat nilai paling tingdi di akhir permainan adalah pemenangnya.

Nostalgia
Game paling awet yang ada di hp saya sampai sekarang adalah Candy Crush. Tapi sejak awal penerapan psbb saya mencari game lain dan menemukan Scrabble Go di Play Store. Ketika mencoba pertama kali, saya teringat kembali bagaimana serunya permainan ini, dan sampai hari ini, saya sudah mulai berpindah hati ke Scrabble dibanding Candy Crush.

Scrabble Go menurut saya terlalu milenial, mungkin memang sengaja menyasar generasi berumur lebih muda sebagai targetnya. Banyak fitur-fitur yang saya rasa tidak perlu, dan melenceng dari tujuan utama yaitu permainan scrabble. Tapi, saya tidak pedulikan itu, dan hanya fokus pada board. Saya bertemu banyak pemain dari berbagai negara dengan berbagai tingkat kesulitan.

Scrabble Go merekam statistik permainan, berupa berapa kali kita menang, jumlah bingo (berhasil meletakkan seluruh tile dalam satu giliran jalan), dan menggunakan nilai Average Word sebagai pengukur tingkat kemahiran seseorang. Saya pernah bertemu pemain dengan average word 12, dan pernah juga bertemu dengan pemain dengan average word 25. Sejauh ini, itu tingkat yang tertinggi yang pernah saya temui. Sementara saya memiliki average word 21.

Selain menantang otak dengan strategi dan kemampuan mengolah kosa kata, bermain scrabble membuat kita belajar kata-kata baru yang mungkin belum pernah kita dengar sebelumnya. Ada kamus panduan yang digunakan, sehingga jika tidak ada di kamus tersebut, sebuah kata tidak dapat digunakan.

Turnamen Scrabble
Saya juga baru tahu belakangan kalau Scrabble dipertandingkan secara internasional seperti turnamen catur atau permainan lainnya. Sejak tahun 1990 World Scrabble Championship diadakan secara rutin. Nigel Richard adalah nama yang legendaris setiap berkaitan dengan turnamen ini. Rekor juaranya sudah terlalu banyak untuk saya bagikan disini.

Personal Notes
Untuk saya pribadi, bermain Scrabble menantang jiwa kompetisi sekaligus mempelajari kata baru. Rasanya puas bisa mengalahkan lawan yang memang mempunyai bahasa Inggris sebagai bahasa ibu. Apapun alasannya, di musim psbb seperti sekarang ini, lakukan apapun yang bisa membuat hati bahagia, supaya imun tubuh meningkat karena suasana hati yang gembira.
Dan untuk hal ini, Scrabble sudah banyak membantu saya, hayoh, siapa tau ketemu saya di sana.
Kalau kamu, main game apa? :

Gambar oleh Bruce Emmerling dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *