Klinik Tumbuh Kembang di Bekasi; Review Satria Kid Center

Klinik Tumbuh Kembang di Bekasi  -Setelah memutuskan berhenti dari Lalita, saya mencari alternatif tempat terapi lain untuk Nolan. Berbekal googling dan referensi seorang teman gereja, saya membuat janji untuk asesmen di Satria Kid Center, karena untuk diterima anak-anak harus diobservasi oleh konsultan tumbuh kembang anak disini.  Pertimbangan jarak yang masih terbilang dekat dari rumah juga menjadi salah satu pertimbangan saya ketika memilih klinik tumbuh kembang. Ongkos angkutan online dari rumah ke sana berkisar di harga 20 ribu rupiah.

Lokasi dan Proses Asesmen

Satria Kid menempati dua ruko di Ruko Patriot Center. Di dalam ruko ada 17 ruang terapi terpisah, masing-masing ruang untuk keperluan terapi yang berbeda.

Saya berjanji temu dengan konsultan tumbuh kembang disana bernama Pak Handoko hari Sabtu jam 9 pagi. Setelah mengisi data lahir anak, riwayat kelahiran, riwayat pertumbuhan dan perkembangan (agar lebih mudah mengisi data ini, jangan lupa membawa buku sehat anak)., saya dan Nolan masuk ke ruang asesmen.

Pak Handoko berumur paruh baya dan menanyakan hal spesifik tentang Nolan, dan mengisi beberapa poin pada lembar yang saya isi tadi, berkaitan dengan kemampuan fisik, pemahaman, dan hal detil lainnya.  Sambil ngobrol dengan saya, Pak Han sesekali berinteraksi dengan Nolan. Setelah panjang cerita dan mendapatkan ketumpahan informasi seputar masalah yang terjadi dengan Nolan, pak Han bilang kalau Nolan mengalami Sensory Processing Disorder atau Gangguan Proses Disorder. Proses asesmen berlangsung selama 2 jam penuh, sangat berbeda dengan konsultasi di klinik sebelumnya yang hanya sekitar 15 menit. Saya mendapatkan banyak sekali pandangan baru.

Biaya

Biaya disini dihitung per kedatangan, dan tidak memiliki sistem paket. Jadi lebih fleksibel dan tidak ribet untuk urusan pembayaran. Pembayaran dilakukan dengan uang tunai, debit, dan juga kartu kredit dengan biaya tambahan 3%.  Setiap sesi terapi berlangsung selama 45 menit, dan biasanya setiap pertemuan dilakukan 2 sesi.  Setelah Nolan selesai terapi SI, akan langsung dilanjutkan terapi okupasi. Berikut daftar harga dari sana.

Kegiatan Terapi

Nolan disarankan untuk terapi Sensori Integrasi 2x seminggu, dan Terapi Okupasi 2x seminggu. Penjadualan dan konfirmasi terapi dilakukan via pesan Whatsapp.  Sehari sebelumnya, akan ada pesan yang mengingatkan dan kita diharapkan untuk mengonfirmasi kedatangan.

Terapi Sensori Integrasi (SI) adalah terapi di ruang besar berisi banyak mainan seperti di play ground di mal berisi kolam bola, perosotan, tempat memanjat, gym ball, dll. Terapi ini berguna untuk melatih motor kasar anak, membantu anak lebih fokus, bersosialisasi dan melatih kemampuan mendengar, menyelesaikan, serta memahami instruksi .  Anak-anak biasanya senang di ruang SI, sampai pada titik ketika mereka harus mengerti bahwa mereka disana sedang terapi atau belajar, bukan hanya main sesuka hatinya.

Sedangkan Terapi Okupasi (OT) cenderung lebih personal, dilakukan dalam ruangan yang hanya berisi anak dan terapis. Mereka duduk saling berhadapan menggunakan meja dan kursi.  Di sini anak akan lebih banyak melatih motorik halus, konsep pemahaman, pengendalian emosi, perilaku, dan lainnya. Semua kegiatan terapi berlangsung selama 45 menit.  Kita sebaiknya datang tepat waktu supaya  durasi dapat dipergunakan maksimal, karena jika terlambat tidak akan diberi perpanjangan waktu kecuali jika pihak terapis yang terlambat. Setiap selesai terapi, sang terapis akan memberikan laporan kepada orang tua secara tertulis maupun lisan tentang apa yang dipelajari anak.

Bulan ini, kami memasuki bulan kedua terapi, saya merasakan ada perkembangan kemampuan bahasa Nolan yang meningkat walaupun belum masuk terapi wicara. Penggunaan bahasa Indonesia-nya juga sudah semakin sering. Kemampuan kontrol emosi yang sesekali masih meledak, tapi sekarang tantrum yang ekstrim sudah jarang terjadi. Mudah-mudahan saja  hal baik ini terus meningkat.

Berada di tempat terapi dengan melihat anak-anak istimewa, sesekali mendengar cerita tentang para ibu lain ketika menunggu terapi, serta menyadari keberadaan diri sendiri ketika sedang menunggu, membuat saya lebih bersyukur sekaligus terkagum-kagum dengan para ibu disana. Apapun cerita yang kami bawa tentang anak masing-masing, tapi benang merah tentang perjuangan memberikan yang terbaik dan melakukan apa saja untuk menyiapkan anak-anak istimewa ini supaya bisa hidup normal dan setara di dunia luar adalah pekerjaan yang tidak pernah putus lelah.

Semoga semua usaha yang dilakukan diberkati Sang Pemilik Hidup dan akan membuahkan hasil yang baik untuk anak-anak di kemudian hari. Semangat selalu!

Alamat
Ruko Patriot Center No 18-19
Jalan Raya Patriot – Kranji
Bekasi Barat
Telpon/WA: 0818 155 347

Jam buka
Senin – Sabtu 08.00 – 18.00
Minggu  08.00 – 12.00

Gambar artikel dari website Satria Kids dan sudah diperbolehkan untuk digunakan
Gambar oleh lavaligiainviaggio dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *