KETIKA HIDUP MENJATUHKANMU

“When life knocks you down, you can choose to get up “– Jackie Chan

Terkadang hidup memberikan kita kejutan yang sama sekali tidak pernah kita duga. Entah itu kejutan yang membahagiakan, atau bahkan kejutan yang menjatuhkan dan menyedihkan. Hidup memang penuh misteri. Skenario hidup masing-masing hanya Sang Pemilik Hidup yang punya, sedangkan kita hanya berperan melakukan yang terbaik. Pilihan atas sesuatu pun sepenuhnya ada di tangan kita, apakah kita memilih untuk ke kanan, kiri, lurus, atau bahkan mundur sekali pun.

Saya sendiri pernah berada di titik terendah dalam hidup, semata karena pilihan saya yang mengarahkan diri ke sana. Pun saya juga pernah berada di titik yang tinggi, dan lagi-lagi semua berawal dari langkah awal yang kita jejakkan ke arah sana. Menurut saya, Sang Pemilik Hidup hanya memberikan semacam denah /peta dengan rambu-rambu yang terpasang baik di setiap jalur, tapi ke arah mana kita akan menuju, orang yang ada dibalik kemudi adalah kita sendiri. Ada hal-hal di denah atau peta tersebut yang memang berada di luar kuasa kita, tapi arah mau kemana, mutlak kita yang tentukan.

Saya berpikir setiap orang pada dasarnya adalah baik. Tertulis di kitab suci yang saya yakini, bahwa manusia diciptakan menurut citra-Nya sendiri. Saya percaya Tuhan menciptakan manusia dengan hati yang murni dan penuh dengan kebaikan. Manusia yang memilih apa yang akan dilakukan untuk hidupnya sendiri, entah itu untuk periode besok, jangka pendek, menengah maupun panjang. Seiring waktu mungkin rencana yang kita buat tidak berjalan sesuai kemauan kita, penyesuaian terhadap situasi yang dinamis harus diakali dengan kita sendiri yang dapat bersikap luwes terhadap keadaan yang terjadi.

Mencegah lebih baik daripada mengobati memang terdengar klise, tapi memang itulah kebenaran yang ada. Penyesalan selalu datang belakangan, dan tiada guna ditangisi hingga air mata habis.  Ketika hari-hari normal dijalani, selayaknyalah kita syukuri setiap peristiwa yang dilewati, dan mencegah agar hal-hal buruk sejangkauan kuasa kita tidak terjadi.

Hal paling sederhana adalah menjaga tubuh tetap sehat. Melakukan pilihan apa yang akan kita masukkan dan lakukan terhadap raga jasmani adalah murni sepenuhnya tanggung jawab kita sendiri. Bijak memilih makanan, minuman, obat-obatan, herbal, atau apapun. Termasuk juga bagaimana menjaga tubuh tetap sehat. Terkadang kita selalu tidak punya waktu untuk berolah raga, tapi semua kembali kepada pengaturan prioritas dan komitmen yang kita buat.

Baca juga: My Very Own Story: How I Lost 10 kg at Home

Tip-tip Agar Konsisten Berolahraga di Rumah

Apapun yang terjadi pada hidup kita, tetaplah percaya bahwa kita mampu melewati  berbagai rintangan. Tetap bersyukur dan berdoa dalam situasi apapun, karena jika tangan manusia sudah melakukan segalanya, terus berharap bahwa tangan-Nya akan terus bekerja.  Tetap kuat dan semangat dalam apapun yang teman-teman hadapi.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *