Apa itu Gym Ball?

Gym Ball – Bulan ini, masuk bulan kesembilan saya secara konsisten berolah raga di rumah. Ini adalah periode terlama saya melakukan olah raga, setelah jaman kuliah dulu. Saya memutuskan untuk mulai menambah tantangan untuk tubuh saya . Saya membeli dumbell ukuran 4 kg/pasang dan gym ball. Selama ini, saya hanya menggunakan dumbell ukuran 2kg/pasang dan berat tubuh saja. Saya akan membahas gym ball secara khusus, karena alat ini baru pertama kali saya gunakan, dan cukup membuat terkesan.

Tentang Gymball
Gym ball dikenal juga dengan berbagai nama lain seperti fitness ball, swill ball, physio ball, Pilate’s ball, dan banyak istilah lainnya. Gym ball adalah bola karet yang diisi angin, berukuran 45 cm hingga 75 cm. Ukuran yang berbeda digunakan sesuai dengan tinggi badan pengguna, berikut tabel sederhana yang dapat digunakan sebagai panduan untuk memilih ukuran bola yang tepat.

Tapi umumnya yang banyak dijual di toko olahraga dan online shop hanya yang berukuran 55cm, 65cm, dan 75cm. Gym ball terbuat dari karet elastis, dan biasanya dijual sepaket dengan pompa tangan. Banyak merk yang tersedia di pasaran, seperti Kett**r, BF*t, H**pyFit, LPSupp*** dan lainnya. Saya secara pribadi memilih merek K, karena paling familier dibanding merek lain, spesifikasi anti burst, dan harga yang masuk di bujet. Anti burst menurut keterangan di produk adalah jika bola tertusuk atau sobek, maka bola tidak akan meledak, melainkan menyusut. Gym ball secara umum dapat menahan berat tubuh hingga 100 kg, tapi bisa bervariasi untuk setiap merek tergantung kualitas bahan karet yang digunakan.

Baca juga: Mencintai DIri Sendiri

Apa yang dapat dilakukan dengan gymball?
Sebelum membeli, saya sengaja mencari tahu berapa banyak sih latihan yang dapat dilakukan dengan gym ball, dan seberapa efektif dampaknya. Waktu lihat-lihat video di YouTube, yang ada di pikiran saya, “Ahhh, bisa ini maahh….”. Dan setelah kiriman gym ball sampai di rumah dan mencoba beberapa gerakan, sirnalah pikiran itu. Ternyata, untuk sekedar melakukan plank dengan kaki bertumpu pada gymball adalah hal yang tidak mudah. Perlu beberapa kali percobaan hingga saya bisa menjaga keseimbangan. Lalu, dua hari belakangan saya mengikuti video latihan dengan gymball dari Fitness Blender. Ternyata, memang tidak semudah ketika hanya menonton orang lain melakukannya di video.

Gymball dapat digunakan untuk latihan core, upper body, lower body, dan hampir semua bagian tubuh lainnya. Karena bola mudah menggelinding, menahannya untuk tetap diam saja sudah membuat kita bekerja ekstra. Keseimbangan adalah kunci yang paling terasa efeknya dalam latihan menggunakan gymball. Selain itu, gym ball juga dapat digunakan untuk ibu hamil. Untuk sekedar duduk di atas bola, akan dapat mengurangi rasa sakit pada punggung, ketika kontraksi, dan juga membantu merangsang kelahiran secara normal. Posisi duduk di bola dengan kaki terbuka bola akan membantu bayi masuk ke jalan lahir.

Berikut adalah beberapa gerakan latihan dengan gym ball.
1. Gym ball sitting leg lift

2. Gym ball dips

3. Gym ball push ups

4. Gym ball wall squats

5. Gym ball crunches

6. Gym ball dumbell press

7. Gym ball hamstring curls

Kesan saya sebagai pengguna gymball pemula adalah I love it!!!! Saya suka tantangan yang diberikan oleh gymball dan memacu saya untuk lebih sering latihan. Bagaimana dengan kamu? Boleh bagi-bagi juga ceritanya disini ya…

  • dirangkum dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *