Hati-Hati Rawat Tas Rajut, Ini Tip Yang Perlu Anda Tahu

tas rajutAnda yang hobi mengoleksi tas pasti sudah hafal di luar kepala bagaimana cara merawat setiap bahan yang berbeda. Tak jarang tas dijual dengan harga sangat mahal, sehingga perawatan seksama memang dibutuhkan untuk menjaga agar kondisinya tetap prima. Kalau tas dirawat dengan baik, bukan tidak mungkin suatu saat akan menjadi investasi yang menguntungkan.

Dari sekian banyak tas, bahan kulit merupakan salah satu yang paling ribet perawatannya. Sedangkan nomor duanya adalah tas rajut yang juga tergolong tidak mudah dibersihkan. Meski demikian, ada cara-cara sederhana yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kondisi tas rajut kesayangan. Ini informasi lengkapnya:

Jaga kualitas tas rajut terbaik dengan mencucinya

Betul sekali, kualitas tas rajut terbaik akan tetap terjaga jika Anda rutin mencucinya dalam jangka waktu tertentu. Meski terbuat dari benang, namun bukan berarti Anda bisa langsung memasukkannya ke dalam mesin cuci. Cara terbaik untuk mencuci tas rajut adalah dengan menguceknya menggunakan tangan. Itupun tidak bisa dilakukan terlalu keras karena akan merusak tatanan benangnya. Jika tas sudah bersih, Anda bisa menjemurkan di tempat yang berangin, bukan di bawah sinar matahari langsung karena warnanya akan cepat memudar. Hindari membentangkan tas rajut dengan hanger karena benang bisa memuai dan bentuknya tak akan bagus lagi.

Sedot debu jika ada label dry clean

Beberapa jenis benang dan teknik rajutan sangat tidak akur dengan air dan sabun. Itulah mengapa beberapa produk tas rajutan ada yang dilabeli dry clean only alias hanya bisa dibersihkan dengan cara kering tanpa menggunakan air. Untuk tas yang seperti ini, Anda perlu melakukan vacuum secara rutin menggunakan penyedot debu berukuran kecil. Untuk menjaga kondisi tas, sebaiknya hindari membawanya ke tempat yang memungkinkan untuk terkena kotoran dan noda yang susah dihilangkan.

Tutup dengan benang jika ada bagian yang terurai

Seberapa pun kuatnya rajutan, ada saatnya benang terurai terutama ketika sudah terlalu sering dicuci dan digunakan. Kalau ada tas Anda yang mengalami hal ini, jangan terburu memasukkannya ke tempat sampah. Anda bisa memperbaikinya dengan sebuah metode yang dikenal dengan nama blocking. Pertama, pastikan tas dalam kondisi bersih dan sudah dicuci. Setelah itu, cari benang dengan warna dan ukuran yang sama. Lalu potong benang dengan ukuran secukupnya, kemudian rajut di atas bagian yang terurai. Hal ini perlu dilakukan dengan hati-hati supaya hasilnya terlihat rapi.

Hindari menyetrika tas rajut

Anda mungkin merasa tas jadi lebih kusut seusai dicuci dan ingin melicinkannya kembali dengan setrika. Wah, hal ini harus dhindari karena panas tinggi dari setrikaan bisa membuat benang rusak dan terbakar. Bahkan di beberapa kasus, benang akan langsung menempel ke setrika dan hangus. Maka dari itu, jika memang tas tampak kusut, Anda bisa berusaha melicinkannya dengan meletakkannya di bawah tumpukan pakaian selama semalam untuk membuat bagian yang kusut kembali licin.

Yang terakhir, pastikan Anda selalu menyimpan tas rajut di tempat yang tidak lembap. Letakkan tas rajut di dalam wadah tertutup dan hindari untuk menggantungnya. Jika ingin menambah koleksi tas rajut, Anda bisa beli di Blibli.com yang menawarkan berbagai jenis fashion item terbaru dengan harga terjangkau. Jangan lupa juga manfaatkan promo yang disediakan supaya momen belanja jadi lebih menyenangkan.

One thought on “Hati-Hati Rawat Tas Rajut, Ini Tip Yang Perlu Anda Tahu

  1. Saya punya dua tas rajut. Yang satu sudah agak kusam. Gara-gara kena kotoran, jadi saya cuci. Dicuci dengan tangan nggak kunjung bersih, akhirnya saya sikat pelan2. Eh, warnanya pudar. Sayang juga sih,
    Selama ini saya menaruh tas dengan cara digantung agar saya mudah mengambil. Ah, ternyata nggak boleh ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *