Tip Merawat Mobil Tua dengan Tepat

mobil tuaMemiliki mobil yang sudah tidak ada di pasaran memiliki keunikan tersendiri. Nilai jual mobil tua bisa lebih tinggi dibandingkan mobil keluaran terbaru yang lebih bagus dengan fasilitas yang lebih lengkap. Pemilik mobil tua bahkan tidak mau menjual mobilnya meskipun ditawari harga yang sangat tinggi. Hal tersebut wajar karena selain unik dari sisi penampilan tetapi mobil tua juga memiliki nilai historis bagi pemiliknya.

Mobil tua perlu perawatan yang lebih agar ia tetap bisa awet meskipun dipakai sehari-sehari. Dibawah ini adalah beberapa tip yang dapat diterapkan dalam merawat mobil tua:

• Rutin melakukan pengecekan.
Komponen pada mobil yang sudah tua harus selalu diperhatikan dan di cek secara rutin. Hal tersebut dilakukan agar tau bagian mana saja yang perlu diberikan perhatian khusus dan diperbaiki atau diganti. Kalau tidak alih-alih menjadi awet justru mobil tidak dapat digunakan lagi.

• Penggantian oli secara rutin.
Apabila umumnya penggantian oli pada mobil adalah setiap tiga bulan sekali, maka untuk mobil tua penggantian oli dilakukan satu setengah bulan sekali. Penggantian oli dalam jangka yang lebih singkat tersebut karena kondisi komponen mesin yang tua sehingga membutuhkan pelumas yang lebih baik.

• Bahan bakar.
Penggunaan bahan bakar untuk mobil tua sebaiknya adalah pertamax. Kondisi mesin yang tua, membutuhkan bahan bakar yang dapat membersihkan kotoran pada mesin dengan lebih baik. Bahan bakar yang memiliki fungsi tersebut adalah pertamax. Penggunaan bahan bakar jenis premium tidak disarankan karena bisa menyebabkan mobil tidak bisa optimal.

• Beri perhatian ekstra pada ring, kabel dan karet penyangga lebih diperhatikan.
Pada mobil yang sudah tua komponen-komponen tersebut juga rentan karena termakan usia. Misalnya kabel yang aus atau mengelupas dapat menyebabkan konsleting jadi harus benar-benar diperhatikan dengan pengecekan rutin.

• Velg dan ban.
Ban merupakan komponen mobil yang berhadapan langsung dengan jalan, jadi perlu di cek ketebalan ban. Ban yang terlalu tipis dapat berbahaya terutama di jalanan yang licin. Pengisian angin juga diperhatikan karena jika kurang mengisi angin akan berpengaruh pada kerusakan velg maupun ban itu sendiri.

• Bersihkan mobil secara teratur.
Memang tidak hanya mobil tua saja yang memerlukan pembersihan secara rutin tetapi lakukan dengan lebih seksama. Mobil tua terkadang ada bagian cat yang mengelupas sehingga harus hati-hati membersihkannya. Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan kotoran yang sulit dijangkau agar mobil tetap awet dan tahan lama.

• Lepas kepala aki apabila mobil sedang tidak dipakai.
Kepala aki mobil tua biasanya agak berkarat, lakukan pembersihan dan melepasnya ketika lama tidak dipakai akan membantu ketika waktunya menyalakan mesin kembali. Tambahan lainnya adalah gunakan cover mobil untuk menutup mobil apabila di parkir di luar ruangan sehingga terhindar goresan yang mungkin saja terjadi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *