Tip Belanja Online dengan Bijak Selama Ramadan


Bulan Ramadhan membawa suasana khidmat yang selalu dirindukan setiap tahunnya. Lahir dan tumbuh di negara Indonesia dengan kemajemukkannya memberikan kesan tersendiri untuk saya, yang walaupun tidak menjalankan Ramadan, tapi selalu tenggelam dalam kebahagiaan selama sebulan penuh. Siapa yang tahan dengan godaan diskon Ramadan seperti Ramadan Ekstra dari Tokopedia? Atau tawaran berbuka puasa bersama dengan teman-teman lama? Dan bahkan sajian-sajian khas Ramadan yang menggiurkan lidah? Saya percaya Ramadan menjadi pusat pemersatu untuk bangsa kita dengan segala keberagamannya.

Sekarang, untuk menikmati gelegar diskon Ramadan, kita tidak lagi perlu bersimbah keringat, berdesakan, dan adu otot dengan keramaian di pasar konvensional. Makin kesini, belanja apapun dapat dengan mudah dilakukan sambil momong anak atau menunggu bapak tukang rujak lewat depan rumah. Tapi, semua kemudahan berbelanja online tetap harus diwaspadai dan dicermati dengan baik. Berikut ada beberapa tip yang dapat dijadikan acuan untuk berbelanja selama Ramadan agar tetap aman dan hemat.

1. Pilih produk yang diperlukan
Walaupun godaan promo sangat kuat di bulan Ramadan, hendaknya kita tetap harus berpegang teguh pada prinsip, agar hanya membeli barang yang dibutuhkan, bukan hanya sekedar diinginkan. Bolehlah membeli satu dua barang menurut keinginan, tapi jangan kalap. Tetap ingat esensi belanja dengan bijak. Atau gunakan kesempatan promo untuk membeli produk keuangan atau membayar tagihan bulanan.

Baca juga:
Perbandingan Listrik Pra Bayar dan Pasca Bayar
Perbandingan Tv Berlangganan: Berdasarkan Pengalaman

2. Gunakan promo dan diskon
Banyak toko yang berpartisipasi dan bersaing memberikan harga terbaik pada waktu ini. Perhatikan dan bandingkan promo atau diskon yang diberikan toko, serta jangan sungkan menanyakan syarat dan ketentuan yang berlaku jika memang kurang jelas.

3. Pilih metode pengiriman yang tepat
Metode pengiriman dan ongkos kirim adalah salah satu faktor penting ketika berbelanja online. Perhatikan berat barang, kuantitas, dimensi, atau faktor pengukur lain yang biasanya menjadi indikasi perhitungan biaya. Beberapa toko juga bekerja dengan jasa kurir yang bisa mengirim barang di hari yang sama dengan ketentuan tertentu. Kita harus jeli memilih jasa pengiriman untuk meminimalisir biaya kirim.

4. Pilih toko yang dekat dengan tempat tinggal
Perhatikan lokasi toko atau darimana barang akan dikirim karena jelas akan mempengaruhi ongkos kirim. Jika memang barang yang kita inginkan ada di beberapa toko, maka lokasi biasanya lokasi akan menjadi pertimbangan selanjutnya, selain ongkos kirim, kecepatan waktu kirim juga bisa dikurangi jika memilih toko yang lebih dekat dengan tempat tinggal kita.

5. Pilih cara pembayaran yang tepat
Makin kesini, makin banyak cara pembayaran yang ditawarkan, untuk mempermudah kita memperoleh barang yang diinginkan. Mulai dari transaksi elektronik melalui transfer, kartu kredit, ataupun melakukan pembayaran di payment point terdekat. Pada pembayaran menggunakan kartu kredit biasanya dikenakan sedikit biaya tambahan dari total belanja.

Oya, jangan lupa ikuti juga festival belanja dari Tokopedia pada tanggal 25 Mei nanti, yang akan membuat Ramadan ekstra, Makin Ekstra lagi. Jadi, catat tanggalnya dan siapkan catatan belanja kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *