Tip Membeli Rumah Pertama Kali


Memiliki rumah sendiri adalah salah satu tujuan hidup yang paling utama, khususnya bagi yang telah menikah dan berkeluarga. Memiliki rumah sendiri akan memberikan kenyamanan dan ketenangan dibandingkan dengan tinggal di rumah sewa. Namun bisa memiliki rumah sendiri bukanlah hal yang mudah. Apalagi bagi yang memang penghasilannya tidak terlalu besar, karena rumah adalah barang termahal untuk dibeli dalam rumah tangga. Terlebih lagi harga rumah dari tahun ke tahunnya terus saja mengalami peningkatan. Tapi hal tersebut bisa disiasati dengan mengajukan pinjaman uang ke bank, walaupun kita terikat bunga, cara ini memungkinkan kita mewujudkan impian tersebut.

Tentu saja mengatur masalah finansial  alias keuangan menjadi salah satu hal penting yang nantinya harus dilakukan. Agar impian untuk memiliki rumah pribadi impian bisa segera terlaksana, ada beberapa tip yang dapat dilakukan untuk mulai melangkah lebih dekat dengan rumah impian Anda, yaitu:

1. Lakukan penilaian finansial
Hal pertama yang harus anda lalukan jika ingin membeli rumah adalah dengan mengukur dan juga menilai keadaan finansial setiap bulannya. Hitung semua pendapatan dan pengeluaran secara detil dan pasti semua hutang yang dimiliki tidak melebihi 30% dari pendapatan. Anda bisa melakukan penghematan dari hal-hal yang kurang penting seperti makan di luar atau belanja lain-lain.

2. Mulai menganggarkan dana
Jika ingin membeli secara tunai, Anda harus memiliki dana yang memadai, dan tidak mengganggu pos tunai lainnya. Dan jika memutuskan untuk membeli secara kredit, uang tunai masih diperlukan untuk digunakan membayar uang muka atau down payment, biasanya bank meminta sekitar 20% dari harga rumah. Perlu diingat bahwa biasanya pinjaman kredit rumah memiliki term yang cukup panjang, jadi pastikan anggaran yang dimiliki cukup untuk membayar cicilan bulanannya.

3. Berpikir realistis
Lokasi rumah yang dibeli biasanya menentukan harga, jika Anda hanya sanggup membeli rumah di daerah penyokong, maka jangan menginginkan rumah di lokasi pusat kota. Pertimbangkan juga biaya lain-lain seperti apakah akan dilakukan renovasi setelah dibeli, dan barang-barang rumah tangga yang harus dibeli.

4. Lakukan riset
Pengambilan keputusan membeli rumah biasanya memerlukan proses yang panjang. Pastikan Anda melakukan riset menyeluruh mulai dari kondisi keuangan pribadi, biaya-biaya lain yang dapat timbul jika membeli secara kredit seperti biaya provisi bank, BPHTB, PBB, asuransi, dan lain-lain. Serta cari tahu dengan pasti bagaimana perhitungan bunga yang akan berlaku selama masa pinjaman. Lakukan riset dan pelajari informasi dengan jeli agar tidak ada ‘kejutan’ yang tidak terduga.

Langkah-langkah tersebut mungkin sudah Anda lakukan, tapi ada satu hal lain yang terkadang dapat dipercaya ataupun tidak. Mencari rumah juga diibaratkan seperti mencari jodoh, jika memang rumah tersebut memang berjodoh dengan Anda, biasanya semua usaha yang dilakukan akan terasa lebih mudah. Dan bila sebaliknya, ada kalanya beberapa rintangan menghalangi usaha-usaha Anda tersebut. Tetapi, yakinlah niat baik Anda serta usaha keras yang Anda lakukan akan membawa Anda mencapai mimpi menempati rumah impian Anda.

One thought on “Tip Membeli Rumah Pertama Kali

  1. Setuju banget dengan tips no. 3, mbak. Urusan kan belum selesai hanya dengan beli rumah aja, kadang masih ada renovasi & perbaikan juga klo kurang bagus kondisinya

    Btw untuk pengurusan dokumen rumah rata-rata bisa habis berapa ya biayanya mbak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *