Memilih Vacuum Cleaner Tabung Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Vacuum cleaner  tabung adalah salah satu jenis vacuum cleaner yang sangat populer di masyarakat. Meskipun vacuum cleaner jenis ini tergolong ketinggalan jaman, namun produk ini terus mengikuti perkembangan jaman dan mengalami peningkatan kualitas dari tahun ke tahun. Jika Anda sedang mencari vacuum cleaner tabung tetapi belum mengerti tentang seluk beluk tabung, berikut beberapa hal yang mungkin berguna dan membantu Anda dalam memutuskan model yang cocok.

Memilih Sistem Penampungan Debu
Vacuum cleaner tabung memiliki dua jenis tabung yang menjadi tempat pembuangan debu yang di hisap, yaitu tipe Dust Bag dan Cylone berikut ini adalah penjelasan dari keduanya.

Tipe Dust Bag
Sistem pembuangan dengan tipe Dust Bag ini merupakan tipe klasik yang sudah ada sejak dulu, kamu hanya perlu memasang dust bag pada vacuum cleaner dan kamu dapat membuang debunya jika tabung telah penuh. Salah satu kelebihan dari tipe ini adalah, saat kamu membuang debu yang telah terkumpul di dalam penyimpanan, kamu tidak perlu bersentuhan langsung dengan debu yang akan di buang kemudian debu yang telah terkumpul tidak akan beterbangan ke mana pun. Cara menggunakan vacuum cleaner jenis ini pun sangat mudah sekali, bahkan orang lanjut usia dapat dengan menggunakannya. Namun ada salah satu kekurangan pada tipe pembuangan yang satu ini yaitu, udara yang di sedot akan terbuang setelah melewati sampah dan debu yang ada di dalam mesin. Hal tersebut dapat menyebabkan rumah menjadi bau debu, dan berbahaya bagi orang yang memiliki alergi terhadap debu. Untuk menghindari debu yang keluar dari mesin kamu dapat menggunakan masker yang dapat melindungi saluran pernapasan.

Tipe Cyclone
Vacuum cleaner tipe cyclone menyedot debu kemudian memasukkannya langsung ke dalam tabung khusus di dalam mesin. Kamu tidak perlu membeli dust bag untuk menampung debu sehingga lebih hemat. Udara yang disedot akan dipisahkan dengan gaya sentrifugal, sehingga udara yang dikeluarkan lebih bersih dan sangat aman.  Bagi Anda yangmemiliki alergi terhadap debu, lebih disarankan memilih vacuum cleaner tipe Cyclone. Namun ada kelemahan dari tipe ini, karena vacuum cleaner tipe ini memisahkan debu dengan udara dengan gaya sentrifungal, daya hisapnya menjadi lebih lemah dari pada tipe dust bag.

Memilih Kepala Penghisap Dapat Mempengaruhi Daya Hisap

Tipe Turbin Head
Meskipun dari bentuknya terlihat seperti motor head, namun sebenarnya berbeda karena turbin head memiliki mekanisme sendiri, yaitu memutar sikat dari dalam head dengan tenaga angin. Head jenis ini banyak di desain dan di gunakan untuk membersihkan lantai. Berbeda dengan karpet, debu di lantai tidak terlalu banyak dan jarang kotoran yang membelit seperti di permukaan karpet yang banyak. Jika kamu hanya memerlukan vacuum cleaner untuk membersihkan lantai, tipe ini sudah cukup.

Tipe Motor Head
Head jenis ini dapat menggerakkan sikat di dalam mesin dengan tenaga motor khusus. Kamu dapat menggunakan head jenis ini untuk membersihkan karpet, bahan rasfur lainya, lantai, dan lain-lain. Daya hisapnya sangata kuat bahkan lebih kuat daripada tipe turbin head dan beberapa produk dapat bergerak maju secara otomatis dengan pengaturan khusus.

Pilih Vacuum Cleaner Yang Ringan Dan Mudah Di Lipat
Vacuum cleaner tabung biasanya dibuat dengan bobot ringan dan sangat mudah di lipat. Namun yang ada yang harus di perhatikan, apakah berat yang tercantum merupakan berat secara keseluruhan atau hanya berat tabung saja tanpa menghitung nozzle dan selang. Jika berat tersebut hanya untuk tabung saja, maka bobotnya akan bertambah banyak jika dipasang nozzle dan selang khusus.

Berat standar vacuum cleaner tabung biasanya 3,5 kg oleh karena itu, jika ada vacuum cleaner tabung memiliki berat di bawah 3 kg, hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan buat Anda. Di bandingkan dengan vacuum cleaner tabung ada jenis lain yang memiliki bobot lebih ringan, yaitu vacuum cleaner stick dan genggam. Tetapi, tiap model memiliki sisi positif dan negatifnya, sehingga Anda harus lebih jeli menentukan yang sesuai dengan keingingan serta kebutuhan Anda.

Perhatikan Fitur Tambahan Pada Vacuum Cleaner Yang Akan Kamu Beli
Memilih vacuum cleaner dengan memiliki fitur tambahan juga dapat menguntungkan bagi kamu, salah satu tambahan ini seperti Bubble brush yang berfungsi untuk membersihkan bakteri dan partikel debu terkecil pada lantai. kemudian ada vacuum cleaner yang memiliki sensor lampu khusus yang dapat mendeteksi jika ada sampah yang tertinggal. Ada juga vacuum cleaner khusus yang mengeluarkan ion saat digunakan untuk membasmi tungau pada area sofa. Fitur-fitur tersebut dapat memberikan keuntungan dan dapat memudahkan kamu saat membersihkan rumah, sehingga membersihkan rumah dapat menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Tetapi, dengan fitur yang lebih canggih, harga yang ditawarkan juga akan menjad lebih tinggi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *