5 Tips Berwisata di Musim Liburan

Liburan  merupakan momen spesial yang biasanya ditunggu-tunggu oleh setiap orang, karena dapat melepaskan diri dari rutinitas. Biasanya liburan keluarga adalah hal yang paling lumrah dilakukan untuk kembali merajut kebersamaan. Masalahnya adalah menyesuaikan jadwal orang tua dan anak-anak yang terkadang agak sulit disamakan. Tapi, jika semua sudah diniatkan dengan baik, biasanya rencana juga dapat dijalankan dengan baik. Orang tua bisa mengajukan cuti jauh-jauh hari pada waktu libur sekolah anak-anak agar dapat merencanakan perjalanan dengan baik.

Mengambil perjalanan pada waktu anak-anak libur sebenarnya agak lebih merepotkan, karena semua orang juga berpikir dan melakukan hal yang sama. Liburan anak sekolah ada di pertengahan dan akhir tahun, sehingga di bulan-bulan tersebut mengakibatkan harga penginapan dan tiket menjadi lebih mahal daripada hari-hari biasanya. Tetapi ada beberapa hal yang dapat dilakukan jika memang tetap ingin melakukan perjalanan pada musim liburan agar liburan tetap menyenangkan dan berjalan lancar.

1. Pilih tempat liburan
PIlih tujuan liburan jauh-jauh hari, apakah akan ke pantai, ke daerah pegunungan, ke desa, atau bahkan ke kota besar lain. Lakukan diskusi bersama seluruh anggota keluarga agar semua pendapat bisa disalurkan, termasuk juga pendapat anak-anak. Setelah menyepakati tempat liburan, lakukan survey tentang tempat menginap dan daerah wisata yang ada di tempat tujuan. Jika melakukan perjalanan dengan anak-anak yang masih kecil. Anda bisa perhatikan juga tempat menginap dan tempat wisata yang ramah anak. Jangan sepelekan hal ini karena selain akan membantu Anda, anak-anak juga bisa lebih menikmati waktu liburannya. Anda tentu tidak menginginkan kerepotan Anda sehari-hari di rumah juga dilakukan di tempat liburan kan?

2. Persiapkan bujet dan waktu
Kedua hal ini akan berefek langsung pada keuangan Anda. Ada baiknya jika Anda memang sudah menyiapkan dana liburan jauh hari sebelumnya, atau memang menyiapkan pos sendiri untuk ini. Jika Anda memutuskan untuk menjelajah luar ruang selama liburan, Anda bisa memilih mempertimbangkan menginap di tempat berkonsep Bed and Breakfast, tapi jika Anda berniat menikmati waktu di hotel, Anda dapat memilih hotel berbintang yang sesuai dengan keuangan Anda.

3. Pesan tiket dan hotel jauh-jauh hari
Pesan tiket dan hotel jauh-jauh hari, karena semakin jauh waktu Anda memesan, biasanya harga masih murah, dibanding memesan pada waktu yang berdekatan dengan tanggal keberangkatan. Dengan begini, Anda juga lebih leluasa mengatur keuangan Anda, karena pilihan mencicil tiket dapat dijadikan pilihan. Hotel juga sebaiknya dipesan jauh-jauh hari, karena Anda bisa memilih kamar yang cocok dengan kebutuhan keluarga Anda.

4. Persiapkan fisik
Hal ini kadang sering disepelekan, sehingga terkadang rencana yang matang tidak dapat dilakukan dengan baik karena kondisi fisik yang kurang fit atau sakit. Saling mengingatkan untuk mengkonsumsi suplemen, makan gizi seimbang, dan olah raga yang cukup. Jika kondisi fisik Anda fit maka Anda sekeluarga akan jauh menikmati waktu kebersamaan.

5. Siapkan jiwa petualang
Biasanya di musim liburan, tempat-tempat wisata akan penuh. Cari informasi tentang tempat wisata yang tidak mainstream tapi tetap dapat dinikmati bersama. Ini adalah kesempatan Anda sekeluarga membuat kenangan indah dan unik, yang akan dapat dikenang sepanjang hidup. Jadi, tidak ada salahnya pergi ke tempat yang belum banyak didatangi orang.

Baca juga : Chiang Mai, Kota yang Membuat Jatuh Hati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *