Batik Sebagai Kebanggaan Bangsa Indonesia

Batik memang budaya Indonesia yang haruslah di lestarikan dan dikembangkan agar batik di Indonesia tidak mengalami kepunahan. Sehingga kemunculan batik untuk masa kini telah dirancang dan kembangkan oleh para designer handal yang telah menjadikan batik sebagai salah satu fashion yang banyak diincar oleh masyarakat khususnya bagi para wanita. Pakaian batik di jaman sekarang  selalu menampilkan gaya yang modis serta elegan, sehingga batik dengan sentuhan gaya yang modern pun dapat dijadikan sebagai salah satu fashion pilihan bagi masyarakat.

Memang pada jaman dahulu batik dianggap sebelah mata karena memang di jaman dahulu batik belum tersentuh oleh para perancang busana atau para designer, sehingga tampilannya sangatlah kuno dan membuat penggunanya terkesan tua. Namun sekarang hal tersebut tidak akan terjadi lagi, karena para perancang busana telah berhasil dalam menghadirkan berbagai macam pakaian dan model dari bahan batik yang sangat menarik dan dapat dipakai oleh berbagai kalangan dari berbagai umur.

Khususnya bagi para wanita yang selalu mengikuti gaya penampilan yang modern dan sesuai dengan trend, maka batik ini telah mengakomodir keinginan untuk tetap bangga dengan budaya bangsa sekaligus tetap terlihat keren. Seperti yang kita ketahui, bahwa batik sudah menjadi tuan rumah di negara sendiri. Banyak perancang yang menggunakan batik sebagai bahan utama mereka berkreasi dan membawa nama harung bangsa ke kancah internasional.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kita harus bangga memiliki batik sebagai budaya Indonesia,

  1. Batik merupakan salah satu budaya Indonesia yang sangat kaya pada ragam corak serta motif yang memiliki nilai seni yang sangatlah tinggi.
  2. Batik merupakan salah satu warisan bagi dunia dari bangsa Indonesia, yang secara internasional diakui oleh UNESCO.
  3. Batik telah menjadi penghargaan untuk bangsa Indonesia
  4. Nilai filosofi yang mendalam dalam pembuatan batik, tersirat dari motif dengan arti berbeda dari tiap daerah.
  5. Batik harus dilestarikan agar terus bertahan dan berkembang.

Modifikasi pada batik juga dilakukan untuk membuat batik tampil lebih modern dan muda. Rancangan pakaian batik yang menyasar pasar umur lebih muda menjadikan batik lebih membumi, ketimbang batik dianggap sebagai pakaian yang terlalu formal. Anak muda sekarang lebih dinamis dan tidak lagi malu menggunakan batik dalam referensi berpakaiannya.

Selain untuk pakaian batik untuk wanita, bahan batik juga digunakan sebagai bahan aksesori seperti gelang, kalung, anting, tas, syal, dan lain-lain. Hal ini membuat batik memiliki pasar yang lebih luas dan membuat kita makin bangga dalam menggunakannya.

Pembinaan pengrajin batik juga terus dilakukan oleh pihak terkait demi kelangsungan pembatikan, banyak workshop atau pelatihan batik yang sekarang dilakukan di pusat-pusat perbelanjaan demi menarik minat masyarakat untuk mengetahui lebih dalam soal perbatikan.  Sudah layak rasanya, kita sebagai warga negara Indonesia menggunakan batik sebagai identitas yang membanggakan, dan menjadikannya tuan rumah di negara kita sendiri.

3 thoughts on “Batik Sebagai Kebanggaan Bangsa Indonesia

  1. Aku pakai batik tiap hari,, pertama kali jatuh cinta dg motifnya yg cantik, dan belakangan menyadari fakta bahwa pake batik itu lebih adem dibanding pake baju berbahan lain, karena warna2 batik baru keluar kalau digoreskan di kain katun yg adem & sangat cocok dg iklim tropis indonesia. Btw,,, yg aku omongin ini batik cap & batik tulis yaa. Kalo batik yg di print motifnya aja pasti panas dipakainya.

  2. Aku cinta banget sama batik, semua motif & modelnya beda2 bikin gemesh.. apalagi sekarang warnanya disesuaikan dgn jaman kayak pastel & warna2 cerah, jadi bisa disesuaikan utk acara nonformal, ngga hanya dipake utk acara formal aja 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *