5 Tip Berkenalan dengan Teman Baru di Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh

Melakukan perjalanan jarak jauh dengan kereta api akan menyenangkan jika dilakukan bersama orang-orang terkasih. Namun, adakalanya Anda harus melakukannya seorang diri. Perjalanan seperti ini biasanya terjadi saat Anda melakukan liburan seorang diri (solo traveling) atau saat sedang berada dalam perjalanan dinas. Suasana kereta api yang cukup ramai, apalagi jika ada tiket kereta api promo di Traveloka, terkadang menjadi tidak berarti jika Anda tidak mengenal seorang pun di perjalanan kali ini.

Guna menghindari kebosanan saat melakukan perjalanan seorang diri, ada baiknya Anda berkenalan dengan orang di samping, depan atau belakang kursi Anda. Cara ini akan membantu Anda lebih menikmati perjalanan serta menambah daftar pertemanan di hidup Anda.

Sayangnya tidak semua orang bisa melakukan hal ini. Ya, berkenalan dengan orang asing memang tidaklah mudah. Namun, dengan melakukan beberapa tips, Anda bisa saja memulai percakapan dengan orang baru di sekitar tempat Anda berada. Beberapa tips ini mungkin dapat Anda lakukan,

1. Carilah waktu yang tepat

Memulai percakapan dengan orang yang belum dikenal akan terasa sulit jika Anda melakukannya di waktu yang tidak tepat. Itulah mengapa, sebelum melakukan hal ini, Anda perlu memperhatikan saat yang tepat.
Percakapan dan proses berkenalan tidak perlu dilakukan dengan terburu-buru. Anda bisa memulainya dengan memberikan senyum di awal perjalanan dan mulai membuka percakapan beberapa jam setelah kereta api melaju. Nikmati waktu pribadi Anda sendiri sebelum mulai berinteraksi dengan orang di sekitar. Ciptakan rasa nyaman dan pastikan Anda merasa tetap aman sebelum berkenalan.

2. Kenali objek

Sebelum mulai mengajak calon teman baru Anda berbincang, ada baiknya Anda memperhatikan calon lawan bicara terlebih dahulu guna memberikan rasa aman. Anda perlu memperhatikan secara saksama bagaimana orang tersebut bersikap dan bertindak selama perjalanan. Jika orang tersebut menampilkan gerak-gerik mencurigakan, ada baiknya Anda mengurungkan niat untuk berkenalan dengannya. Namun, di saat Anda merasakan ‘klik’ dan hati kecil Anda juga berkata demikian, mulailah untuk membuka pembicaraan. Hal seperti ini sangat penting untuk menjaga diri Anda tetap nyaman dan aman selama perjalanan.

3. Ciptakan bahan pembicaraan

Setelah Anda mendapatkan sinyal untuk berkomunikasi, ciptakan bahan pembicaraan yang menarik. Anda bisa melakukan sedikit basa-basi dengan bertanya tujuan perjalanan orang tersebut dan mulai berkenalan satu sama lain. Jika teman seperjalanan Anda sudah memberikan respons positif, mulailah untuk berbagi informasi. Misalnya Anda bisa membagikan informasi terkait pembelian tiket dan hotel, atau informasi umum lainnya.  Selain itu, Anda juga bisa ‘memancing’ lawan bicara Anda untuk bercerita terkait hal-hal menarik yang diketahuinya. Cara ini akan membuat pembicaraan Anda semakin menyenangkan dan berkualitas.

4. Buatlah suasana ‘mencair’

Jika Anda dan orang tersebut sudah terlibat dalam pembicaraan yang serius seperti membicarakan tentang negara, bisnis atau informasi penting, cobalah untuk mencairkan suasana. Anda bisa memulainya terlebih dahulu tanpa harus menunggu lawan bicara Anda. Anda bisa menggiring pembicaraan ke topik yang lebih ringan seperti membicarakan tentang tempat wisata di lokasi tujuan, film, teknologi terbaru, dan sebagainya. Sesekali berikan lelucon atau tebak-tebakan dengan jawaban yang mampu mengundang tawa. Dengan demikian, pembicaraan Anda akan lebih menarik selama perjalanan. Dengan menghabiskan banyak waktu berinteraksi dengan mereka, perjalanan Anda akan terasa semakin singkat. Anda dan orang-orang tersebut tentu tidak ingin merasakan perjalanan yang membosankan, bukan?

5. Bertukar kontak

Jika Anda dan teman baru Anda sudah cukup akrab, tidak ada salahnya jika meminta kontak pribadi miliknya. Tidak semua orang sekarang berkenan memberikan nomor kontaknya, tapi toh tidak ada salahnya mencoba, siapa tahu berguna dikemudian hari. Tetaplah jalin komunikasi yang baik selama perjalanan. Berikan juga kesan yang baik kepada teman-teman baru Anda tersebut sebelum perjalanan kereta usai.

Itulah lima tips yang bisa Anda lakukan untuk berkenalan dengan orang baru selama perjalanan di kereta api. Cara ini diharapkan bisa membantu Anda mengatasi rasa bosan di perjalanan. Di dunia internet sekarang ini, interaksi antar manusia menjadi jauh berkurang, Anda bisa kembali merasakan indahnya berinteraksi secara langsung dengan melakukan tip-tip diatas, dan juga tetap waspada tentunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *