Perawatan Wajah Yang Dapat Dilakukan Sendiri di Rumah

Saya belakangan mulai lagi meluangkan waktu untuk merawat wajah. Selama ini, saya termasuk orang yang cuek untuk urusan ini, yang rutin dilakukan hanya membersihkan wajah dan menggunakan krim sehabis mandi. Waktu saya banyak di rumah mengurus anak-anak, dan jarang dandan kecuali jalan-jalan bareng suami. Saya mulai lagi melakukan perawatan wajah yang memang bisa dilakukan di rumah dengan bahan yang memang ada di rumah.

Ternyata bahan-bahan alami yang ada di rumah lebih ramah terhadap kulit wajah, karena memang tidak menggunakan bahan kimia seperti produk jadi. Berikut tahap-tahap yang saya sering lakukan untuk merawat kulit wajah,

1. Membersihkan wajah
Saya menggunakan sabun wajah yang biasa saya pakai. Gunanya untuk membersihkan wajah dari debu dan kotoran yang menempel, walaupun saya sepanjang hari tidak keluar rumah.

2. Melakukan scrubbing
Scrubbing dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati. Saya biasa menggunakan ampas teh yang ada di rumah, kebetulan biasa pakai Sarimurni. Gunting kemasan teh, keluarkan isinya, campurkan dengan sedikit gula, dan minyak zaitun. Tekstur kasar yang diperoleh dari teh dan gula membantu mengangkat sel-sel mati di wajah. Saya mengoleskan campuran teh dan mengusap ke seluruh bagian wajah dengan gerakan memutar.

3. Menguapi wajah
Di salon tahap ini biasanya dilakukan dengan alat khusus, tapi di rumah bisa dilakukan dengan menuangkan air panas di baskom agak lebar, dekatkan wajah ke bibir baskom untuk beberapa lama. Gunanya adalah membuka pori-pori dan mempermudah tahapan selanjutnya.

4. Membersihkan komedo dan blackhead
Banyak orang yang terobsesi dengan membersihkan komedo dan blackhead di wajah, karena memang seru sih. Ada plester pore pack yang dijual dipasaran untuk membersihkan komedo di bagian hidung, tapi untuk bagian wajah lainnya diperlukan alat pembersih komedo khusus, berbentuk seperti jarum merajut dengan ujung bundar untuk menekan kulit dan mengeluarkan komedo.

5. Membilas wajah
Setelah keseruan mencari komedo berakhir, saya kembali membilas wajah dengan air biasa untuk menghilangkan kotoran sisa perang barusan.

6. Menggunakan masker
Saya biasanya hanya menggunakan masker putih telur yang dicampur sedikit madu untuk mengencangkan kulit. Biarkan masker hingga kering, lalu kembali bilas dengan air biasa. Pilihan masker lain yang biasa saya buat adalah tomat yang dihaluskan, tambahkan perasan air lemon, dan tepung maizena secukupnya. Tomat, lemon, dan tepung jagung membantu mencerahkan dan meremajakan kulit wajah.

7. Menutup pori-pori
Saya menggunakan es batu kotak-kotak yang dilapisi waslap untuk mengurangi sedikit efek yang terlalu dingin jika ditempelkan langsung ke kulit.

8. Menggunakan krim malam
Setelah semua proses dilakukan, wajah akan terasa begitu segar dan kenyal. Langkah terakhir adalah menggunakan krim malam atau serum anti-aging dan biasanya mengusahakan diri untuk segera tidur karena kalau masih tetap terbangun, biasanya wajah saya akan kembali berminyak. Tidur yang cukup juga memberi kontribusi besar pada peremajaan kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *