5 Tip Agar Tetap Fit Selama Kehamilan

Masa kehamilan adalah masa yang paling ditunggu oleh pasangan yang sudah menikah. Kehadiran buah hati menjadi pelengkap jiwa ketika sudah melewati tahap pernikahan. Kehamilan dengan segala keajaiban yang menyertainya secara langsung dan tidak mempengaruhi segala aspek keseharian keluarga, terlebih lagi untuk sang ibu. Perubahan tubuh dan emosi membuat para ibu hamil menjadi cepat lelah dan membuat suasana hati menjadi labil. Dukungan penuh dari orang-orang terkasih dapat menjadi dukungan yang luar biasa untuk melalui trisemester pertama yang rentan, dan tahapan setelahnya. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar ibu hamil senantiasa fit dalam masa kehamilannya,

1. Berpikir positif
Berpikir positif memang seharusnya dilakukan pada setiap kesempatan, tapi dalam masa kehamilan jauh lebih diperlukan karena ini adalah tahapan yang tidak mudah. Sejak mulai mempersiapkan kehamilan, seorang istri yang berpikir positif akan lebih mudah optimis menjalani hari-hari ke depan, terlebih setelah mengetahui kabar kehamilan. Dengan semangat yang positif, ibu hamil diharapkan bisa lebih memperhatikan kesehatan diri dan janinnya, sehingga dapat melahirnya bayi yang juga sehat jasmani dan rohani.

2. Berolah raga
Hamil bukan menjadi halangan untuk tetap berolah raga, bahkan dapat membantu ibu menjaga staminta tetap prima. Olah raga yang dilakukan tergantung seberapa aktif ketika ibu sebelum hamil dan biasanya dilakukan setelah melewati trisemester pertama. Yoga, renang, jalan, dan senam adalah beberapa contoh olah raga yang dapat dilakukan dan cenderung aman. Tetapi, riwayat kesehatan juga perlu menjadi pertimbangan, lebih disarankan untuk berkonsultasi pada dokter kandungan sebelum melakukan olah raga.

3. Makanan dengan gizi seimbang
Ibu hamil menopang dua nyawa selama kehamilan, dan asupan gizi yang seimbang adalah mutlak untuk dilakukan demi kesehatan keduanya. Di awal kehamilan, asam folat termasuk salah satu zat yang paling esensial untuk ibu hamil karena membantu pertumbuhan otak bayi. Selain itu, ada beberapa superfood lain yang juara untuk dikonsumsi seperti alpukat, yogurt, kacang-kacangan, berbagai buah berry, telur, dan bayam. Kacang mete adalah salah satu pilihan yang baik, karena manfaat kacang mete untuk ibu hamil adalah menyediakan kandungan zat besi, lemak tak jenuh, dan protein untuk menunjang pertumbuhan janin dan merangsang produksi ASI.

4. Gunakan pakaian yang nyaman
Perubahan tubuh selama hamil memang membuat ibu menjadi kurang nyaman. Kenaikan berat badan memang mutlak dialami tetapi jangan membuat ibu menjadi tertekan, karena aura perempuan selama kehamilan lebih memancar jauh melebihi dari sekedar kekhawatiran soal berat badan. Ibu dapat menggunakan pakaian yang nyaman, yang memang diperuntukkan bagi ibu hamil atau memodifikasi pakaian yang ada. Membuat diri merasa tetap cantik menunjang kestabilan emosi ibu yang naik turun karena perubahan hormon.

5. Konsumsi cairan yang cukup
Cairan digunakan untuk menjaga tubuh tetap berenergi dan berfungsi baik. Cairan yang diperoleh bisa diperoleh dari jus buah, makanan berkuah, buah, dan air putih. Konsumsi minimal 8 gelas sehari untuk menghindari dehidrasi, memperlancar aliran darah, menyuplai air untuk ketuban, memperlancar buang air besar, serta membuang bakteri dari ginjal. Perhatikan juga kandungan kafein dari minuman selama kehamilan, karena konsumsi berlebih dapat menembus plasenta pada janin sehingga mempengaruhi detak jantung. 200ml sehari adalah batas aman jika ibu tidak bisa lepas dari kopi atau teh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *