Kisah Segitiga; Nicole, Infeksi Saluran Kemih, dan Prive Uri Cran

anyang anyanganPrive Uri Cran – Hai, panggil saja aku Nicole. Nama panjangku, Escherichia Coli. Aku dan teman-temanku tinggal di usus besar manusia. Manusiaku bernama Susan.  Kami memiliki peranan masing-masing disana. Aku berperan dalam proses pencernaan, yaitu melakukan pembusukan makanan, agar dapat dibuang melalui eksresi. Aku dan teman-teman hidup nyaman jika kondisi tubuh manusiaku dalam keadaan sehat. Ada saat-saat tertentu ketika kami dapat berjumlah banyak karena situasi dalam usus yang mendukung sehingga kami mudah sekali terbawa ke organ lain, seperti ke saluran kemih yang letaknya memang berdekatan dengan rumahku sekarang. Jika kami berpindah rumah ke saluran kemih, kami tidak mendapatkan keadaan yang seharusnya, dan oleh karena itulah kami dapat menyebabkan infeksi saluran kemih pada siapapun, orang dewasa, anak-anak, orang lanjut usia, laki-laki, maupun perempuan. Tetapi karena memang anatomi saluran kemih perempuan yang lebih pendek dari laki-laki, kaum perempuan lebih rentan terkena infeksi. Anyang-anyangan adalah istilah yang umum digunakan jika kamu mengalami masalah saluran kemih, hampir 80% gejala anyang-anyangan berujung pada infeksi saluran kemih.

Anyang-anyangan tidak selalu menimbulkan gejala yang spesifik. Namun ada beberapa kondisi umum yang dapat menjadi pertanda , yaitu
• Rasa ingin buang air kecil terus menerus
• Buang air kecil lebih sering tetapi sedikit
• Nyeri pada panggul jika terjadi pada perempuan, dan pada anus jika terjadi pada laki-laki.
• Rasa perih ketika berkemih
• Urine berbau, pekat, kadang-kadang mengandung darah.
• Merasa lelah dan kurang sehat.
• Demam

Perpindahan ini sebenarnya bukan kemauan kami. Jujur, kami lebih suka tinggal di usus besar. Tetapi, ada beberapa hal yang mempengaruhi sehingga perempuan lebih beresiko terkena infeksi saluran kemih seperti,
1. Kebiasaan pembasuhan yang salah setelah buang air.
Karena usus besar bersambungan langsung dengan jalur pembuangan atau anus. Pembilasan dari arah belakang ke depan membuat kami bisa berpindah.
2. Aktivitas seksual
Perempuan yang aktif secara seksual juga berpotensi lebih untuk berperan pada kepindahan kami.
3. Alat kontrasepsi
Biasanya pengguna alat kontrasepsi diafragma dan spermisida akan lebih rentan infeksi.
4. Menopause
Karena hormon estrogen berkurang pada perempuan ketika memasuki masa menopause, maka ia juga akan lebih mudah terkena infeksi dari kami.
5. Sering menahan pipis
Perempuan lebih sering menahan pipis karena berbagai hal. Alasan biasanya adalah kesibukan yang tanggung jika ditinggalkan, atau kebersihan toilet jika sedang berada di tempat umum.
6. Berkurangnya daya tahan tubuh
Adakalanya daya tahan tubuh seseorang berkurang karena kondisi yang dialaminya, seperti orang dengan penyakit diabetes, atau ODHA

Pencegahan dan Pengobatan
Aku dan teman-temanku memang seharusnya berada di rumah kami, yaitu saluran pencernaan. Maaf ya, kalau kami membuat kalian sakit karena perpindahan kami. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebelum kami menyebabkan sakit yang berkelanjutan. Jika gejala anyang-anyangan dirasakan, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Biasanya dokter akan menyarankan tes urin, CT Scan, atau sitoskopi, untuk mengetahui lebih jelas gejala yang kamu alami. Dan jika ditemukan bakteri, dokter biasanya meresepkan antibiotik secara oral, tetapi jika kasusnya lebih serius, antibiotik akan diberikan melalui infus. Infeksi yang kami sebabkan bukanlah main-main, kami bisa berefek lebih parah, seperti
• Gangguan ginjal serius
• Berat badan bayi yang kurang pada kehamilan
• Atau bahkan keguguran

infeksi saluran kemih

Oya, biarkan aku bercerita sedikit tentang pengalamanku beberapa waktu lalu. Aku ingat Susanku terpaksa buang air kecil di toilet yang kurang bersih, sehingga ada teman-teman baru yang ikut masuk ke saluran kemihnya. Teman-teman baru ini rupanya tidak bertahan lama, karena ada sesuatu yang belakangan rajin diminum oleh Susan. Aku baru tahu, cairan yang diminum adalah Prive Uri Cran. Aku mencari tahu lebih banyak tentang Prive Uri Cran.

Ooh, rupanya ini adalah ekstrak cranberry. Cranberry dengan nama latin Vaccinium Oxycoccos sudah sejak lama diyakini khasiatnya sebagai obat luka, sejak jaman Indian kuno dulu. Dan beberapa tahun belakangan cranberry meningkat lagi pamornya dan digadang-gadang sebagai salah satu super food.

Pantas sajaaa, teman-teman baruku tidak berumur lama karena ada zat bernama Proantocyanidin yang terkandung pada cranberry ini yang bisa mencegah kami menempel pada saluran kemih, lalu ikut terbuang bersama urine. Susan rupanya ingat betapa menderitanya ia waktu terkena anyang-anyangan beberapa tahun yang lalu karena sering menahan pipis, makanya sekarang ia melakukan tindakan pencegahan seperti ini. Kalau aku perhatikan, ia rajin meminum Prive Uri Cran Plus yang berbentuk serbuk yang diaduk dengan air dingin, 2 kali sehari. Kenapa plus ya? Oh, tidak hanya mengandung cranberry dan vitamin C, tapi juga mengandung Bifidobacterium Bifidum dan Lactobacillus acidophilus.

Kedua nama terakhir itu adalah musuh kami sejak lama. Mereka adalah ksatria-ksatria yang membantu manusia memerangi kami jika kami tidak berada di tempat seharusnya. Fido dan Cillus, adalah probiotik atau biasa disebut bakteri baik, yang memang bertugas menjaga keseimbangan komunitas bakteri yang ada di tubuh manusia. Fido, juga tinggal di usus, ia membantu memecah serat, melapisi organ-organ penting, dan menstimulasi daya tahan tubuh manusia. Sedangkan Cillus, tinggal di usus, mulut, dan juga daerah kewanitaan. Cillus dapat menghasilkan vitamin K, memecah laktosa yang ada di produk susu dan turunannya, serta membantu mengatasi diare, asma, eczema, intoleransi terhadap laktosa dan juga infeksi daerah kewanitaan.

anyang anyangan

Selain dalam bentuk serbuk, Prive Uri Cran juga tersedia dalam bentuk kapsul, dengan kandungan 250mg ekstrak cranberry. Bentuk kapsul yang lebih praktis, lebih mudah dikonsumsi buat kamu yang tidak ingin repot. Kedua varian produk ini bisa dengan mudah kamu dapatkan di apotik terdekat seperti Guardian, Century, Watsons, Kimia Farma, dan Viva Generik.

Prive Uri Cran juga memberikan loyalty program untuk para sahabat penggunanya, loh. Kamu bisa upload struk pembelian  dan mendapatkan poin dari setiap box yang kamu beli, lalu tukarkan dengan berbagai hadiah yang menarik, Pssst…Susan baru saja menukarkan poinnya dengan sebuah fry pan!

Pencegahan memang terkadang suka disepelekan, manusia biasanya lupa kalau sehat itu sangat berharga. Aku selalu berharap kalau Susan dan para sahabat perempuannya selalu sehat, supaya kami bisa melakukan peran kami masing-masing, di rumah dan tempat kami seharusnya.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Wanita Uricran.

Sumber:

Source 1
Source 2
Source 3

8 thoughts on “Kisah Segitiga; Nicole, Infeksi Saluran Kemih, dan Prive Uri Cran

  1. wohoooo, pembahasan yg keren mbak! Seperti membaca cerita dan jd kepikiran jangan2 aku jg mengalami masalah yg sama. Kdg kl kerjaan lg nanggung dan sedang di angkot, terpaksa rasa ingin pipis ditahan2 deh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *