FB Ads, Berbagi Pengalaman Pertama

Facebook AdsDekathati.com – Beberapa hari lalu, saya iseng kepingin tahu dampak memasang FB Ads. Ada beberapa kali Blogger Perempuan mengadakan workshop dengan tema ini, tetapi karena belum berjodoh, saya belum pernah ikut workshop apapun padahal pingin sekali menambah ilmu yang berkaitan teknis seperti ini. Akhirnya modal nekat dan iseng saja saya memberanikan diri membayar FB Ads.

Tulisan yang saya boost adalah Untuk Para Ibu, Yang Suaminya Tidak Membantu Pekerjaan di Rumah. Setelah tayang di blog, pengunjung artikel ini banyak dikunjungi, melebihi rata-rata pengunjung harian saya, yang memang masih imut-imut jumlahnya.

Jadi, tujuan atau niat awal saya memasang FB Ads untuk artikel ini adalah
1. Meningkatkan pengunjung pada artikel bersangkutan
2. Menambah jumlah Like pada FB Page Dekathati
3. Karena ada pilihan untuk juga tayang di Instagram, saya berharap penambahan follower serta view artikel

Hanya artikel atau post yang kita post di FB Page yang bisa di boost atau dipasangi iklan. Jadi, untuk akun personal tidak bisa. Saya juga dulu maju mundur untuk membuat FB Page, tapi sekali lagi, modal nekat aja, toh tidak merepotkan.

Berikut langkah-langkah yang saya lakukan untuk memasang FB Ads,

  • Pilih postingan apa yang ingin di boost. Saya memilih artikel ini.
  • Mengisi formulir dengan detail berikut
    1. Audience yang diinginkan, kita bisa menentukan umur, jenis kelamin, dan lokasi
    2. Ada pilihan apakah iklan juga ingin ditayangkan di Instagram, saya pilih ya.
    3. Budget yang dianggarkan, mulai dari Rp 13.500 untuk 1 hari penayangan hingga besaran tak terhingga    sesuai budget yang ada. Setiap memilih harga yang diinginkan, FB Ads akan memberikan angka berapa banyak audience yang bisa terjangkau.
      Saya kemarin memilih bujet Rp 27.000, untuk waktu penayangan 2 hari. FB Ads memberikan gambaran bisa menjangkau 3.000 – 8.000 orang.
    4. Pembayaran, saya melakukan pembayaran dengan kartu kredit. Saya hanya perlu memasukkan nomoar kartu kredit, dan nomor CVV.
    5. Terdpat display iklan yang akan ditampilkan baik secara desktop, mobile, dan Instagram.
  • Selesai, dan tunggu hasilnya.

Setelah periode iklan berakhir, inilah hasilnya.

Facebook Ads

Dengan angka 3,354 people reached, terdapat 1,241 post engagement. Engagement setahu saya adalah orang yang mengklik, share, atau berkomentar pada postingan. Dari hasil akhir, ada 15 orang yang melakukan klik di link iklan, dan 1,226 orang yang memberikan Like, sudah termasuk Love di Instagram sebesar 1.206.
Karena tujuan awal adalah klik pada link artikel, saya merasa hasil ini kurang maksimal karena, tanpa iklan saya memperoleh hampir 200 view artikel, sedangkan setelah iklan hanya 15.

Untuk iklan di Instagram, saya menginginkan penambahan jumlah follower. Dengan Love di angka yang besar itu buat saya, follower hanya bertambah kurang dari 10. Wekwekwek….

Kesimpulan saya.

  • Namanya juga pengalaman pertama, rasanya memang tidak bisa untuk langsung bisa berhasil dan sesuai dengan tujuan awal yang diharapkan.
  • Hasil membaca soal FB Ads di blog yang sudah master, memang perlu belajar mengetahui lebih dalam tentang seluk beluk audience yang ditargetkan, membaca ‘perilaku dan kebiasaan’ audience dengan membandingkan di iklan competitor, dan hal-hal teknis lainnya. Untuk FB Page yang memang tujuannya berjualan dan meningkatkan omset, hal ini layak diberi perhatian lebih dan dipelajari lebih dalam. Tapi karena FB Page hanya saya gunakan seperlunya untuk kepentingan branding Blog Dekat Hati ala kadarnya, sepertinya saya akan butuh alasan lebih kuat daripada hanya mengharapkan kunjungan di artikel.
  • Harga FB Ads yang terjangkau untuk keperluan pribadi seperti saya memang menjadi daya tarik sendiri. Harga yang cukup murah untuk sekedar mencelupkan kaki ke air sebelum basah.
  • Apakah saya akan mencoba menggunakan FB Ads lagi? Pastinya. Dengan modal awal seperti ini, saya bisa mempelajari lebih lanjut apa yang saya inginkan, bagaimana menterjemahkan keinginan tersebut melalui pemilihan audience yang lebih tepat, dan apa yang bisa dibenahi untuk lebih baik.

Mungkin ada teman-teman yang memiliki pengalaman yang sama atau berbeda dengan saya soal penggunaan FB Ads ini? Boleh bertukar cerita ya…

14 thoughts on “FB Ads, Berbagi Pengalaman Pertama

  1. Pernah nyoba lewat agensi. Dapat klik cuma 500 an kayaknya. Dulu pernah rutin untuk ngiklan blog yg buat bisnis, akhirnya nerah karena gak begitu balik modal. wkwkwk. Skrg yg blog bisnis mengandalkan SEO. Murce tapi harus rajin juga. Jadi merasa perlu untuk belajar sendiri nih FB ads, tapi sayang belum ada waktunya. Ha..ha…

  2. waktu itu pernah pakai fb ads untuk boost video tutorial di youtube. dan hasilnya sesuai keinginan, viewers video itu di youtube jadi banyak karena memang dipromote di instagram juga. cuma memang untuk penambahan followers gak berdampak apa-apa.

    duluuu sekali saya pernah pakai jasa fb ads di agency gitu utk menambah jumlah likers (utk fanpage olshop dulu), dan ini berhasil. likers saya bertambah sekitar 1000an dan berpengaruh juga pada penjualan.

    sekarang utk bisnis keluarga, saya menggunakan jasa google adwords yang dampaknya adalah penambahan aktivitas di fanpage bisnis. untuk di fanpage sampai saat ini hanya penambahan aktivitas saja seperti jumlah likers, atau ada yang komentar tapi belum pernah terjadi penjualan melalui fanpage karena memang fokus utamanya adalah mendirect orang utk langsung email/telp supaya bisa kita ‘paksa beli’ 😀

    jadi ya begitulah.. semoga gak kepanjangan hehe

    • Susan says:

      Eiiyy terima kasih malah share nya Nic.
      Kayaknya kalo lewat agency mereka udah tau ngebaca karakter audience berdasarkan pengalaman mereka kali ya.

      Aku kemarin cuma berdasarkan kira2 set audiencenya.
      Thank you yaa..

  3. postingannya lumayan buat nambah ilmu mbak, pernah kepikiran untuk pakai fb ads juga sih, tapiii jadi mikir, hehehe karna yag gratis aja bisa nambah lebih dari itu, ya kan?
    salam kenal mbak Susan

  4. Ah jadi tertarik bikin fb page unt blog aku San, tiap kali si FB selalu suggest publish untuk blog dan pasang fotonya.. tapi belum2 aku bikin FB page nya, habis mikirnya ya sudahlah satu fb aja cukup, dua FB rempong ngurusnya.

    • Susan says:

      Bikiinn aja Sar. Aku jg nekat doang. Mikirnya…siapaaa yg mau nge like. Tp lama2 ya ada jugaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *