Membuat Boneka dari Kaos Kaki

boneka kaos kakiMembuat Boneka dari Kaos Kaki – Berawal dari bantal di rumah yang sudah mulai kurang nyaman digunakan karena kempes, saya sering menggabungkan isi bantal. Dari dua bantal kempes, biasanya dijadikan satu bantal empuk, sehingga masih nyaman digunakan. Kemarin ada 4 bantal yang dibongkar, dan tersisa ½ isi bantal (dakron) yang tidak terpakai. Daripada dibuang, saya terpikir untuk mencoba membuat boneka dari kaos kaki. Saya mencari pola yang paling mudah, karena kemampuan menjahit saya hanya ala kadarnya.

Setelah melihat-lihat gambar dari mesin pencari, saya cukup percaya diri bisa mengeksekusi pola karena memang dipilih pola untuk level yang mudah. Saya kemarin tidak menyimpan langkah-langkah yang saya lakukan, karena saya berpikir ini adalah percobaan pertama. Tapi, setelah punya ide untuk menuliskan pengalaman ini di blog, saya jadi menyesal tidak mengabadikan langkah demi langkah. Berikut adalah boneka dari kaos kaki bekas yang saya coba buat bersama anak saya akhir minggu lalu.boneka-kaos-kaki

1. Boneka Kaos Kaki – Snowman
Ini adalah yang paling mudah yang saya temukan. Hanya tinggal memotong kaos kaki putih menjadi dua bagian, mengisinya dengan dakron, dan mengikat bagian kepala dengan benang. Banyak sekali yang bisa dilakukan dengan pola dasar snowman ini, bisa dikembangkan dengan persediaan yang ada dirumah. Bisa lihat disini untuk inspirasi.

boneka-kaos-kaki-snowman

2. Boneka Kaos Kaki – Burung Hantu
Pola ini saya pilih karena saya suka sekali hasil akhir dari boneka yang dibuat. Simply adorable! Agak nekat membuat boneka yang burung hantu ini, mengingat baru ada di percobaan kedua. Hasilnya tidak mirip, tapi saya dan Abby cukup puas dengan yang kami buat. Pola dan contoh didapat dari sini. Situs Craft Passion benar-benar menyenangkan untuk dijelajah, dan apa yang disediakan disana patut dicoba, dan disesuaikan dengan kemampuan sendiri.

boneka-kaos-kaki-burung-hantu

3. Boneka Kaos Kaki – Girly Doll
Ini juga dipilih karena saya suka bentuk akhirnya. Walaupun agak ribet dan cukup banyak menjahit, tetapi saya juga puas dengan apa yang kami buat. Menggunakan 2 jenis kaos kaki, yaitu yang polos sebagai dasar badan boneka, dan kaos kaki bermotif untuk digunakan sebagai pakaian dan topi. Gambar dan tutorial bisa diikuti disini.

boneka-kaos-kaki-girly-doll

Tips untuk mencoba membuat boneka dari kaos kaki buat pemula,
1. Mulai dari yang mudah
Betapapun gambar-gambar yang diperoleh dari mesin pencari sungguh menggemaskan, tetapi coba batasi diri untuk mulai dari pola yang mudah, sehingga bisa me minimalisir kekecewaan jika hasilnya tidak sebagus yang kita tiru. 🙂 Tenang saja, latihan bisa membuat semua lebih baik. Jadi, jangan keburu kecewa.

2. Gunakan bahan yang ada di rumah
Kaos kaki baru dengan motif dan warna yang terang memang membuat boneka menjadi lebih lucu dan menggemaskan. Tapi, karena saya juga pemula, saya menggunakan kaos kaki di rumah yang sudah tidak terpakai. Toh, untuk belajar membiasakan diri dan tangan menangani sifat kaos kaki dan jahitan yang digunakan.

3. Jadikan kesempatan ini untuk lebih akrab dengan anak-anak
Ajak anak-anak untuk terlibat dalam proses pembuatan boneka ini. Kemarin Abby saya minta memasukkan benang ke jarum, mengisi dakron, dan juga menjahit jelujur. Selain melatih motorik halus, kegiatan ini juga membuat mereka lebih menghargai proses pembuatan, bagaimanapun hasil akhirnya nanti, karena mereka juga ikut andil dalam proses tersebut.

Baca juga:

Menulis Komik, Bermain Kapur dan Bermain LPS – Pretend Play Bersama Abby

 

14 thoughts on “Membuat Boneka dari Kaos Kaki

  1. mba susan, kasih tau cara bikinnya juga dong secara detil, saya kan pengen nyoba juga hehe… banyak kaos kaki yg udah gak kepake di rumah

  2. Ini kok kreatif banget sih mba, jadi inget dirumah banyak banget kaos kaki bayi & yg udah ngga muat di Raya. Kayaknya bisa dijadiin boneka seperti ini nih. Keren idenya!

  3. wah kreatif mbak. Ternyata kaus kaki pun bisa jadi boneka ya mbak. Thanks for sharing mbak, kapan-kapan pengen nyoba nih 😉

  4. Mba lucu bgt kreasinya, ga keliatan kalo dibuat sendiri / dibuat dr kaos kaki. Idenya bagus, kapan2 kalo ads kaos kaki tinggal sebelah boleh feh dibuat boneka drpd dibuang hehe.

    Salam kenal mba 🙂

  5. aku inget banget pas smp dulu, pernah ada prakarya bikin boneka gini :).. dan aku suka banget tuh kalo udh mulai bikin2 kerajinan gini mbak :D.. tapi ntah kenapa udh gede begini, jd ga prnh lg mau bikin2 prakarya

    • Susan says:

      Hai mba fani.. makin umur kesibukan n kesenangannya jadi berubah. Gak cukup lagi buat prakarya.. ini juga karena pny dakron lebih. 😆😆

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *