Perbandingan TV Berbayar : Berdasarkan Pengalaman

perbandingan-tv-berbayarDekat Hati – Sejak menikah 9 tahun lalu, saya kebagian mengurusi biaya operasional di rumah, termasuk salah satu item di dalamnya adalah tv berbayar. Kami adalah golongan penonton tv garis lumayan keras. Suami kebetulan penggemar berat sepak bola khususnya Liga Inggris, saya penyuka tontonan lifestyle dan perempuan, dan kami berdua penggila film. Jadi, memang kami masih butuh tv di rumah. Karena pemegang hak siar Liga Inggris berubah-ubah, maka saya pun mengikuti kemana siaran itu pindah. Walhasil, di rumah sudah pernah pasang berbagai provider. Saya kemarin punya ide untuk menuliskan pengalaman berlangganan berbagai provider tv berbayar dan memberikan penilaian secara subyektif karena memang benar-benar sesuai dengan apa yang saya rasakan.

Sejak 9 tahun lalu, saya ingat hak siar Liga Inggris dipegang oleh Indovision, lalu berpindah ke Aora TV, yang ternyata sekarang sudah tidak lagi beroperasi, kemudian ke Nexmedia selama tiga tahun, juga hingga tiga tahun ke depan. Saya juga sempat memasang BigTV karena channel di Nexmedia lebih fokus ke siaran sepak bola, sehingga kebutuhan saya dan anak-anak kurang terakomodir. Indihome dengan Speedy dan UseeTV pun pernah dipasang di rumah, sampai akhirnya sekarang yang terpasang di rumah adalah Nexmedia untuk siaran sepak bola. Internet dan tv berbayar saya menggunakan First Media. Berikut saya membuat tabel untuk sekedar merangkum apa yang masing-masing provider tawarkan dan penilaian saya tentang produk dan layanan yang mereka berikan.

perbandingan-tv-berbayar
1. Indovision
Secara keseluruhan, saya menilai Indovision yang memang perintis awal mula tv berbayar di Indonesia, cukup baik. Selama berlangganan dulu, yang paling membekas di ingatan saya adalah bagian penagihan atau billing. Karena saya hampir setiap bulan menelpon bagian CS untuk menanyakan tagihan. Seharusnya, tagihan bulanan bergrafik konstan, dengan jumlah yang sama setiap bulan, kecuali memang ada penambahan atau pengurangan chanel. Sampai akhirnya, saya membayarkan nilai yang konstan sesuai dengan paket yang diambil, tanpa mengindahkan angka yang tertera di lembar penagihan. Semoga sekarang sudah ada perbaikan.

Info terbaru: Indovision mulai juga mengintegrasikan tv berbayar dan internet, tetapi saya tidak menemukan informasi lengkap di website. Bisa ditanyakan lebih lanjut ke pihak CS.

2. Nexmedia
Hak siar Liga Inggris yang dipegang oleh Nexmedia, membuat saya harus berlangganan karena suami memang penggemar berat sepak bola. Channel yang dimiliki Nexmedia adalah yang paling sedikit diantara provider yang lain, karena mereka memang hanya membidik para penggila bola. Salah satu keunggulan yang saya rasa dari Nexmedia adalah tidak diperlukannya parabola, dan hanya menggunakan antena televisi biasa.

3. BigTV
BigTV masih satu grup dengan First Media, dengan harga yang relatif terjangkau untuk bisa menonton channel HD. Saya berlangganan BigTV selama setahun, dan berhenti karena ingin mengintegrasikan internet dan tv berbayar. BigTV masih menggunakan parabola, sehingga bisa menjangkau ke daerah-daerah yang tidak dilayani oleh First Media yang sudah menggunakan teknologi fiber.

4. UseeTV
Keputusan mengintegrasikan internet dan tv berbayar saya coba lakukan dengan meng-upgrade layanan Speedy yang memang sudah ada, menjadi Indihome. Sehingga selain internet, saya juga sudah mendapatkan siaran tv. Ketika saya berlangganan dulu, UseeTV masih belum mempunya channel HD, tetapi sekarang menurut keterangan di website-nya, UseeTV sudah memiliki 9 channel HD. Untuk pelanggan penggemar nonton seperti saya dan suami, menonton acara dengan kualitas HD memang sungguh memberikan kepuasan lebih dibanding dengan siaran kualitas SD.
Keunggulan UseeTV, adalah dekoder yang bisa menyimpan tayangan selama 7 hari ke belakang. Sehingga, jika kita terlewat siaran favorit, kita hanya tinggal menonton di fitur rekaman.
Kekurangan UseeTV, yang saya rasakan adalah di bagian teknisi dan layanan pelanggan. Ada beberapa kali siaran bermasalah, saya mendapati follow up dari CS yang amat kurang, sehingga teknisi baru datang beberapa hari kemudian. Teknisi yang datang juga kurang memenuhi ekspetasi, karena mungkin kurang berkomunikasi dengan pelanggan. Saya mendapati teknisi hanya duduk dan aktif dengan gadgetnya untuk sekian lama. Saya tahu mereka sedang berkoordinasi dengan teman kerja di pusat, tetapi alangkah baiknya mereka juga menerangkan langkah-langkah apa yang sedang dilakukan kepada pelanggan.

5. First Media
Sejauh ini, dari sekian banyak provider yang sudah pernah saya coba, First Media memiliki nilai paling tinggi. Baik dari segi layanan pelanggan, bagian penagihan, dan teknisi, sejauh ini masih berada di tingkat tertinggi dibanding provider lain.Bagian penagihan, mengirimkan email untuk tagihan bulanan, dan juga setelah pembayaran. Bagian teknisi, dalam pekerjaan pemasangan dan penambahan dekoder, juga memberikan layanan serta komunikasi yang baik.

Jaringan Internet

Hanya UseeTV dan First Media yang terintegrasi dengan layanan ini. Kecepatan dan kehandalan kedua jaringan ini saya rasa masih sama. Ada waktu dimana jaringan lancar dan cepat, tetapi ada waktu dimana jaringan menjadi lambat dan terputus-putus. Seingat saya, dipaket Indihome, saya mengambil paket dengan kecepatan 3 Mbps, dan untuk paket First Media sekarang saya masih di paket promo D’lite dengan kecepatan up to 10Mbps.

Sejauh ini, saya merasa puas dengan berlangganan Nexmedia dan First Media, untuk memenuhi kebutuhan tontonan dan internet di rumah. Semoga pengalaman saya bisa bermanfaat untuk teman-teman.

7 thoughts on “Perbandingan TV Berbayar : Berdasarkan Pengalaman

  1. Bagus says:

    Nice share mbak. Sy juga mau sharing, udah 4-5 tahun ini menggunakan firstmedia, so far ok semua, baik billing, inet connection, tv channel dan jg technical support. Tapi sayang beberapa bulan terakhir setiap minggu pasti ada disconnect nya dan pernah hingga lbh 24 jam, setiap minggu diskonek dalam range 4 jam hingga 12 jam, namun tidak ada adjustment di billing, harusnya kalau inactive ya billing juga menyesuaikan dong apalagi sering banget gangguan. Sekarang sedang mengurus pemutusan dan lagi proses registrasi paket bundling bolt home dan big tv. Semoga aman sentosa, ya mungkin nanti kalau hujan agak susah nonton tv nya ๐Ÿ™‚ at least kalo gangguan satu, yang lain tidak ikut terganggu. Salam.

  2. Sekarang di rumah masih pakai Indihome, internetnya sih yg penting karena kita justru lebih banyak nonton online ๐Ÿ˜€ tp sebelnya pake Indihome itu kan sepaket, kalau mati satu mati semua… jadinya mati gaya kalau internet mati

  3. Huiiii banyak banget pengalamannya.
    Aku cuma telkomvision sama sekarang big tv. Telkomvision sebelum jd transvision mah oke banget, murah dan dapet channel lifestyle macem starworld, FMP, axn, hbo. Lalu kemudian mulai peralihan dibeli CT, berantakan billingnya, ya dibilang saya nambah channel sport lah, dsb dsb. Stop. Vakum lumayan lama, trus ke big tv deh sampe sekarang. Cuma ya gitu, mendung dikit, gangguan -_-. Tfs mbak.

  4. Terima kasih share-nya, Mbak. Saya dulu pakai Orange TV… Alasannya sama dengan mbak. Suami saya penggemar Liga Inggris. Hehehe.. Sekarang pakai Usee TV karena mau sekalian sama internetnya. Dalam beberapa bulan pemakaian Usee TV cukup puas. Dan benar, keunggulannya itu. Bisa nonton tayangan yang kita kelewatan nonton ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *