Menulis Komik, Bermain Kapur

Menulis Komik, Bermain KapurSetelah sekian lama Abby tidak menggambar, beberapa hari yang lalu, ia menggambar di papan tulis.

Papan tulis memang dibelikan Papanya setelah ia menggambar dinding kamar dengan kapur. Kami memang tidak membiasakan Abby menggambar atau menulisi dinding. Dari kecil sengaja menyediakan media yang lain untuk mengakomodir kesenangannya corat-coret. Papa Abby memang orang yang rapi, senang melihat semua bersih dan tertata baik, kebalikan dengan saya yang lebih sembarangan. Tapi karena memang sudah disepakati tidak boleh mencoret dinding, ya itulah yang dijalani.

Kapur adalah media yang baru Abby kenal, jadi ia semangat mencoba hal ini. Selain menggambar, Abby juga sering menonton My Little Pony di YouTube. Dan kemarin, ia meminta saya memotret yang digambarnya di papan tulis. “Aku mau nulis komik, nanti mama foto ya “.

Ini adalah gambar yang dibuat Abby, tokohnya adalah My Little Pony. Selesai satu gambar, ia meminta saya memotret. Lalu, saya menanyakan detail cerita yang digambar, dan Abby menceritakan apa yang ada di kepalanya. Walaupun saya hanya mengerti sebagian, tapi saya mengapresiasi imajinasi, gambar yang dibuatnya, juga keberaniannya menulis dalam bahasa Inggris. Abby bisa bicara dan mengerti bahasa Inggris, saya masih perlu banyak melatihnya menulis. Tapi dengan begini pun, Abby jadi lebih berani menulis tanpa takut salah, pada akhirnya saya memberitahu Abby bagaimana penulisan yang benar dari cerita tersebut.

Go already. You are going to pay for this.
Go already. You are going to pay for this.
comic abby2
What is going on here? Ella, did you bully Sarah? If you did, you have to be in detention.
Hah, you're in trouble.
Hah, you’re in trouble.
You have to be kidding me.
You have to be kidding me.
Ow, and I'm an Alacorn.
Ow, and I’m an Alacorn.
You're an Alacorn?
You’re an Alacorn?
comic abby7
Hello, Sarah. You are a different Alacorn I’ve ever seen. Maybe your hair have to be spiky like me if you want to be in the show.
Look at your cutie mark, they're the same.
Look at your cutie mark, they’re the same.

 

That's it, You're out of here.
That’s it, You’re out of here.
Kepaw! Poow. Slap.
Kepaw! Poow. Slap.

 

Masih perlu banyak perjuangan untuk terus memancing Abby menjauh dari tablet jika akhir minggu, dan perlu banyak memancingnya untuk lebih rajin menggambar.

 

6 thoughts on “Menulis Komik, Bermain Kapur

  1. Kalau ada rezeki buat bikin semacam ruang bermain Rayyaan, pgn sediakan kapan tulis/ngecat sebagian tembok dengan cat hitam bwt dicoret2. Kapur yg aman untuk anak ada ya Mak?

    • Susan says:

      Aku juga sempat search kapur untuk yang ramah anak, aku baca ada jual di ELC. Tapi kemarin Abby cuma pakai kapur biasa. Harus ekstra jaga debunya supaya tidak terhirup.

  2. Ide yang bagus ini mba. Saya boleh mencoba meniru ide ini ya buat anak saya? Saya juga sedang berusaha menjauhkan si kecil dari gadget, khususnya games dan youtube. Perlu usaha banget . Semangaaatt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *