Menyesal Tiada Guna, Mencegah Sebelum Terjadi Bersama In Harmony Clinic

In Harmony ClinicSaya dan Abby, yang waktu itu berumur 2 tahun, sedang datang berkunjung ke Lampung, rumah orang tua saya. Sekitar seminggu kami berada disana, dan jadual pulang ke Bekasi terganjal karena suhu tubuh Abby yang turun naik. Turun ketika pagi dan siang, dan meninggi menjelang sore dan malam. Itu terjadi dalam beberapa hari, yang pada akhirnya saya putuskan untuk terbang ke Jakarta, kembali ke rumah dan suami yang memang sebelumnya sempat ke luar kota. Sesampainya di Bekasi, kami memutuskan untuk membawa Abby berobat ke DSA langganan. Memang sebelum berangkat ke Lampung, Abby juga sempat demam, tetapi tidak begitu tinggi, dan normal setelah diberi obat penurun panas.

Ketika saya menceritakan hal ini, dokter langsung menyarankan untuk tes laboratorium. Ia mencurigai Demam Typhoid atau juga Demam Berdarah tapi akan ditegakkan dengan hasil lab nanti. Beberapa jam kemudian, kami kembali dengan hasil yang membuat lemas hati. Benar saja, Abby terkena Demam Typhoid atau umum mengenalnya dengan tipes. Dokter menyarankan opname. Rasa bersalah dan menyesal memenuhi dada dan kepala saya. Saya merasa tidak becus sebagai ibu, karena jadual imunisasi Typhoid memang terlewati beberapa minggu dari jadual seharusnya, tepat setelah Abby berulang tahun kedua. Drama pemasangan jarum infus, Abby yang tidak mau makan selama di rumah sakit, dan hanya mau digendong dengan saya setiap waktu, membuat waktu berjalan begitu lambat. Dalam waktu 5 hari perawatan, Abby mengalami kesembuhan dan boleh kembali pulang ke rumah.

Mengenal Demam Typhoid Pada Anak

Penyakit ini dikenal masyarakat dengan nama tipes atau typhus, adalah Salmonela Typhi yang menjadi sumber penyakit ini. Siapa saja bisa menderita penyakit ini, termasuk bayi yang dilahirkan dari ibu yang terkena demam typhoid. Lingkunngan yang kurang bersih dan terkontaminasi dengan kuman Salmonella Typhi merupakan penyebab paling sering munculnya penyakit ini. Penyakit ini bisa menular lewat urine atau tinja penderita, atau juga dapat dilakukan oleh kecoa atau lalat yang mengangkut bakteri ini dari tempat yang kotor.

Bakteri ini masuk lewat makanan atau minuman menuju ke saluran pencernaan dan menyerang usus halus. Gejala demam tifoid biasanya berkembang satu atau dua minggu setelah seseorang terinfeksi dengan bakteri Salmonella typhi. Jika demam typhoid tidak diobati, kondisi akan semakin memburuk dalam beberapa minggu dan dapat menyebabkan ancaman kematian. Pada mulanya agak sulit mendeteksi penyakit ini karena gejalanya hampir mirip dengan penyakit lainnya. Biasanya dokter akan menindaklanjuti dengan pemeriksaan tes Widal di laboratorium.

Berikut adalah gejala umum demam typhoid:

  • Demam dengan suhu yang mencapai 39 – 40 derajat Celcius
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Sakit perut
  • Kehilangan nafsu makan
  • Diare atau sembelit

Pengobatan dan Pencegahan Demam Typhoid

vaccination-1215279_1280Pengobatan demam typhoid anak biasanya dilakukan di rumah sakit, demi lebih terpantaunya kondisi anak, dan juga terapi pemberian antibiotik yang lebih mudah dilakukan melalui infus. Walaupun setelah mendapatkan imunisasi typhoid, tidak menjamin seorang anak untuk tidak tertular penyakit ini, tetapi efek yang diderita akan jauh lebih minimal dibanding dengan yang tidak mendapat imunisasi. Imunisai Demam Typhoid ini diberikan diumur 2 tahun, dan diulang dengan interval setiap 3 tahun. Selain imunisasi, pencegahan dapat dilakukan dengan lebih menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Pastikan media dan tangan yang menyediakan juga bebas dari kontaminasi bakteri.


Pelajaran Yang Didapat

Betapa saya menyalahkan diri sendiri ketika saya mengetahui tentang penyakit ini, karena semua makanan dan minuman yang Abby konsumsi hampir sebagian besar disiapkan oleh saya. Hanya beberapa kali saja saya sempat memberikannya makanan dari luar atau sekedar jajan di tempat langganan dan saya suapkan kepadanya. Saya merasa begitu konyol, menjadi faktor terbesar yang menularkan penyakit ini kepada Abby. Saya pikir saya sudah benar-benar menjaga kebersihan makanan dan minuman, tetapi dalam ‘jendela jajan’ yang saya kira aman, ternyata masih juga bisa kecolongan.

Oleh sebab itu, saya sekarang berpikir beribu kali untuk sekedar menyuapkan jajanan yang saya beli dari luar, kepada anak saya yang kedua. Kondisi tubuh yang sedang lemah atau antibodi yang masih belum sempurna di anak balita, tidak pantas untuk dipertaruhkan demi keinginan kita sekedar memperkenalkan rasa kepada mereka. Semua makanan dan minuman harus benar-benar dipersiapkan sendiri di rumah, sehingga kita mengetahui pasti tahap dan proses yang dilalui sebelum memberikannya kepada anak-anak.

Memang menyesal sungguh tiada guna. Pencegahan yang seharusnya kita jaga dan terus ingatkan kepada diri kita sendiri. Tidak menunda jadual imunisasi karena berbagai alasan bukanlah hal yang baik untuk dilakukan, kita harus benar-benar menandai dan memasang alarm jika perlu demi mengingatkan dan menyempatkan diri memberikan imunisasi kepada anak kita.

Sekarang banyak klinik yang menyediakan vaksin imunisasi dengan harga yang terjangkau, salah satunya adalah In Harmony Clinic. Lebih baik mencegah, daripada menyesal tiada guna. Semoga anak-anak kita selalu dalam keadaan sehat dan terlindungi dari segala yang buruk.


Sumber:

klinikanakonline.com/2010/10/28/penanganan-demam-tifoid-tifoidtifus/

alodokter.com/tifus

inharmonyclinic.com/vaksindetil/174/tifoid–tipes-anak

11 thoughts on “Menyesal Tiada Guna, Mencegah Sebelum Terjadi Bersama In Harmony Clinic

    • Hehehe..logika saya siy, kalau kelelahan daya tahan tubuh menurun, dan bakterinya bekerja lebih efisien, mba santi.. Berarti bener juga kan? πŸ™‚

  1. ratusya says:

    Aku ga ambil imunisasi diluar program pemerintah mbak. Btw postingan ini memberi inspiratif unt ikutan lomba. Mdh2an ga kelewat deadlinenya

    • Eiy mba ratu.. sepertinya jadual imun terbaru semua imun jadi diwajibkan deh. Tapi kembali ke orang tua masing2 ya.

      Masih tgl 17 deadline nya kan.. masih sempettt.. aku jg nulis semalem 😊😊

  2. aamiin moga sehat selalu Abby
    namanya juga ibu ya mbak, apalagi gak ada ilmunya, justru saat anak sakit kita dituntut belajar kemudian jd tamba pintar
    semangat ya mbak πŸ™‚

    • Hi mba.. boleh kontak ke klinic in harmony ya. Ada link saya sertakan di artikelnya bisa tanya2 kesana langsung. Terima kasih mampirnya ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *