Hit Obat Nyamuk, Saya, dan Ksatria Raket

Tulisan ini diikutsertakan pada HIT Blogger Competition Say It To HIT.

PicsArt_04-09-10.38.08
Saya dan Papa, sang Ksatria Raket

Sedari saya kecil, saya dan Papa memiliki nasib yang sama, yaitu kami disukai nyamuk-nyamuk. Ada 5 orang yang tinggal di rumah, tapi hanya Papa dan saya yang ribut soal keganasan nyamuk yang senang meninggalkan suvenir di badan kami. Mama dan kedua adik saya tidak pernah begitu hebatnya ribut soal nyamuk, sehingga saya mencari tahu apa yang membuat nyamuk begitu menyukai saya dan Papa. Kami menjuluki Papa, ksatria raket, karena raket nyamuk tidak pernah jauh dari jangkauan tangannya. Setelah mencari tahu dan membaca sana sini, rupanya ada beberapa hal yang membuat kami menjadi santapan favorit nyamuk.

  1. Aroma Tubuh 

    Setiap orang memiliki aromanya sendiri. Menurut WebMD, sudah banyak penelitian dilakukan untuk mengetahui aroma seperti apa yang menarik untuk nyamuk, tetapi penelitian itu masih menyentuh permukaannya saja. Belum dapat ditentukan aroma yang spesifik yang lebih disukai nyamuk.

  1. Golongan Darah 

    Dikutip dari Smithsonian.com, bahwa nyamuk lebih menyukai orang dengan golongan darah O dan A, dibanding dengan golongan darah lainnya. Nyamuk bisa mendeteksi golongan darah kita melalui sinyal kimia yang dipancarkan dari kulit kita.

  1. Metabolisme Tubuh 

    Walaupun nyamuk kecil tapi daya kerjanya sungguh luar biasa. Nyamuk bisa mencium keringat dan aroma tubuh korbannya dari jarak 54 meter. Dan orang yang memiliki asam urat, asam laktat, dan amonia dari keringatnya, lebih mudah ditemukan oleh nyamuk dan menjadi prioritas korban gigitan.

  1. Warna Pakaian 

    Menurut James Day, seorang ahli serangga di Universitas Florida, nyamuk menemukan manusia dengan mengandalkan bau dan penglihatan, jadi dengan menggunakan pakaian berwarna hitam, biru, dan merah membuat kita lebih mudah ditemukan.

Di daerah tempat tinggal saya, nyamuk memiliki komunitas yang cukup besar. Khususnya pada musim kemarau, mereka akan serta merta mengunjungi rumah saya tanpa permisi. Penyakit yang bisa dibawa oleh nyamuk pun tidak main-main, beberapa diantaranya adalah

  • Malaria
  • Demam Berdarah
  • Kaki Gajah
  • Virus Zika
  • Chikungunya
  • Penyakit Kuning
PhotoGrid_1460172872182
Stok Hit Obat Nyamuk di rumah

Oleh sebab itu, saya menjaga baik-baik kedua anak saya yang berusia 7 tahun dan 1 tahun dengan memilih Hit Obat Nyamuk sebagai pembasmi nyamuk di rumah saya.  Hit Obat Nyamuk menjadi salah satu barang belanjaan wajib saya setiap bulan. Saya biasanya membeli satu botol spray ukuran besar dengan varian yang berbeda-beda. Yang paling sering saya beli adalah varian dengan harum lemon dan green tea, karena menurut saya harumnya tidak begitu tajam, tentu saja dengan keampuhan yang sama dengan varian lain.

Beruntung, setelah saya perhatikan, anak-anak saya tidak ada yang mewarisi keunikan saya dan Papa ini. Mereka hanya sesekali digigit nyamuk, karena nyamuk lebih menyukai saya. Kegiatan rutin saya setiap menjelang malam adalah menutup semua jendela kamar, dan menyemprotkan Hit Obat Nyamuk supaya nyamuk di kamar tidur mati, sehingga pada saat jam tidur nanti, anak-anak bisa terhindar dari gigitan nyamuk, dan kamar juga tidak lagi bau obat nyamuk. Sejauh ini, Puji Tuhan, kami sekeluarga belum pernah terkena penyakit yang dibawa oleh nyamuk. Jika kebetulan Papa sedang menginap di rumah saya, Papa yang selalu mengingatkan saya untuk rutin menyemprot kamar sebelum tidur. Beliau akan jengkel kepada saya jika bangun pagi melihat bentol merah di wajah cucunya.

Selain membasmi nyamuk dengan obat serangga, kebersihan dan keteraturan di dalam rumah juga bisa meminimalisir keberadaan nyamuk. Hal-hal sederhana yang dapat kita lakukan adalah

  • Membuang barang-barang yang tidak terpakai
  • Jangan biarkan banyak barang bertumpuk di sudut-sudut rumah
  • Jangan menggantung barang-barang karena akan menjadi tempat bersembunyi nyamuk
  • Rajin memeriksa tempat-tempat yang dapat menampung air. Bukan hanya yang ada di halaman sekitar rumah, tetapi tempat tampungan air di kamar mandi, wadah penampung air tumpahan di dispenser, atau wadah penampung air di tempat kita meletakkan perabotan setelah dicuci juga bisa dijadikan tempat bertelur oleh nyamuk.

Selain nyamuk, Hit Obat Nyamuk juga dapat membasmi serangga lainnya. Beberapa kali saya menemukan kelabang yang  besar keluar dari sela-sela keramik kamar mandi atau pun dari saluran air. Dan jika hal itu terjadi, saya cepat-cepat mengambil Hit Obat Nyamuk dan menyemprotnya. Saya tidak bisa bayangkan jika kelabang itu keluar ketika saya sedang memandikan anak saya dan menggigitnya. Oleh sebab itulah, Hit Obat nyamuk selalu tersedia di rumah saya.

Hit Obat Nyamuk merupakan obat pembasmi serangga andalan saya, untuk melindungi orang-orang tersayang di rumah dari penyakit-penyakit yang mengerikan. Terima kasih, Hit.

Blogger competition say it to HIT

4 thoughts on “Hit Obat Nyamuk, Saya, dan Ksatria Raket

  1. sukaa tulisannya. cakep, euy! 🙂
    sama Mba Susan, saya juga lebih sering ditinggali “jejak” sama si nyamuk, sementara yang lain biasa2 aja.
    dan sama juga, saya sedia HIT selalu di rumah 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *