Setrika Philips HD-1173, Menyetrika Jadi Menyenangkan

PicsArt_02-23-12.16.20Minggu lalu, ada sebuah pesan masuk di kotak surat akun FB saya, yang menanyakan apakah saya seorang blogger. Out of nowhere, saya yang masih pemula dalam hal blogging pun agak sedikit gelagapan menanggapi pertanyaan ini dan hal-hal berikutnya. Tapi saya berusaha menyatukan diri dan menanggapi sang penanya dengan santun. Ternyata, Mbak Maya adalah seorang PR yang ingin mengundang saya ke acara Launching Setrika Philips terbaru. Setelah kami berkomunikasi tentang beberapa hal, saya pun menyanggupi untuk datang ke acara tersebut. Dan ini adalah liputan pertama saya dalam sejarah per-blogger-an.

Philips dan Kita

Siapa tidak kenal Philips? Rasanya tidak ada. Perusahaan asal Belanda yang dimulai tahun 1891 oleh Gerard Philips dan ayahnya, Frederik Philips, ini mengawali pertumbuhan perusahaannya dengan memproduksi bohlam lampu yang hingga sekarang terus menjadi salah satu merk terkuat dalam industri ini. Perkembangan produk terus berlanjut hingga sekarang Philips memposisikan diri sebagai produsen alat-alat berkualitas yang secara umum berfokus pada 3 bidang berikut:
1.  Healthcare
2. Comsumer Lifestyle
3. Lighting

Di Indonesia sendiri, Philips menjadi merk yang sudah lagi tidak diragukan ketangguhannya. Boleh saja lihat di rumah kita sendiri, setidaknya ada satu atau beberapa barang yang kita pakai bermerk Philips. Alasan mengapa memilih Philips, pasti karena alasan kekuatan produknya, yang ‘bandel’, dan tahan lama.
Kebetulan, setrika saya di rumah, juga bermerk Philips dengan model HD 1172, yang saya beli sekitar 4 tahun yang lalu.

Pekerjaan menyetrika bukanlah pekerjaan yang menyenangkan untuk kebanyakan ibu-ibu rumah tangga, termasuk saya. Jika kebetulan ART di rumah sedang cuti, menyetrika adalah pekerjaan yang paling tidak asyik tetapi harus tetap dilakukan. Membangun ritual untuk persiapan menyetrika saya adalah menguatkan tekad, memilih cd lagu, dan menyiapkan cemilan. Philips sesuai tagline-nya yaitu Innovation and You, merancang sedemikian rupa generasi terbaru setrika yang lebih canggih dari produk sebelumnya, yang bisa mengakomodir kebutuhan ibu-ibu rumah tangga supaya kegiatan menyetrika tidak lagi menjadi momok.

Setrika Philips HD-1173

PicsArt_02-23-10.27.19Setrika Philips HD-1173 adalah jawaban dari hasil survey yang dilakukan Philips untuk mengetahui kebutuhan konsumennya.

  1. Bodi setrika yang dirancang ergonomis supaya nyaman digenggam
  2. Kabel yang lebih panjang
  3. Sole plate  keramik yang terdiri dari 4 lapis, yang dirancang anti gores dan mudah meluncur di bahan pakaian
  4. Ujung runcing sehingga mudah menjangkau lipatan dan daerah sela kancing
  5. Tempat gulungan kabel sehingga kabel bisa lebih awet tidak tertekuk dan terbuka
  6. Pengatur suhu
  7. Ringan
  8. Pilihan warna yang menarik, hitam dan pink fuschia

Ternyata hal-hal inilah yang menjadi pertimbangan ibu-ibu dalam membeli setrika, dan hal-hal ini pula yang dijawab Philips dengan Setrika HD-1173nya.

Soleplate atau tapak setrika adalah ujung tombak sebuah setrika, karena tapak ini adalah penghantar panas yang melicinkan dan merapikan pakaian. Jika tapak ini mengelupas, daya kerja setrika pun menjadi berkurang karena penghantar panas tidak lagi merata yang mengakibatkan permukaan licin pada pakaian dan juga kurang rapinya pakaian. Oleh karena itu, teknologi tapak setrika di HD-1173 ini dirancang sedemikian rupa oleh Philips yaitu dengan memberikan 4 lapisan keramik dimana setrika pada umumnya hanya memiliki 2 lapisan.

Konsumsi listrik setrika ini juga sama besar dengan setrika pada umumnya, yaitu 350 watt.

Harga setrika ini selama masa promosi adalah 25o.ooo Rupiah.

Roadshow Truk Setrika Philips dan Acara Launching

PicsArt_02-22-11.16.38

Untuk menguji ketahanan anti gores ini, Philips dalam rangka peluncuran produk ini melakukan tantangan pemecahan rekor menyetrika terlama.Tidak tanggung-tanggung, Philips membuat sebuah truk tembus pandang, yang di dalamnya dilakukan kegiatan menyetrika selama 200 jam non stop. Truk ini berkeliling dan berhenti di sejumlah tempat di Jakarta, Bekasi, dan Depok, selama 9 hari dan menjangkau sekitar 2.000 ibu-ibu untuk melakukan kegiatan menyetrika secara estafet. Kegiatan ini juga memecahkan rekor MURI untuk setrika bekerja terlama non stop selama 200 jam.

PicsArt_02-22-11.54.03
Penyerahan setrika dan pakaian bekas layak pakai ke Yayasan Lions Club Monas Kalingga

Selain pemecahan rekor, Philips juga melakukan kegiatan amal yang bekerja sama dengan Lions Club Monas Kalingga dengan mengumpulkan pakaian layak pakai yang akan disumbangkan untuk orang-orang yang membutuhkan.

Acara launching yang diadakan di Pondok Indah Mall 2, Sabtu, 20 Februari 2016 yang lalu berlangsung meriah. Ersa Mayori didapuk menjadi pemandu acara, yang dibuka dengan sambutan dari Eric van Houten sebagai Head Marketing of Philips Personal Health Indonesia. Lalu dilanjutkan dengan presentasi produk setrika HD-1173 oleh Maria Simanjuntak yang menduduki posisi Senior Marketing Manager Domestic Appliances Philips Personal Health Indonesia, dimana produk ini diulas secara gamblang keunggulan dan fitur-fiturnya. Proses penyerahan pemecahan rekor dari MURI pun menjadi salah satu bagian dari pembuktian atas daya tahan setrika terbaru Philips ini. Dan yang paling membuat pengunjung PIM 2 berkerumun di area acara adalah suara Judika yang tiba-tiba menggema ke seluruh bagian mal. Judika tampil keren dengan suara rocker-nya menghibur semua pengunjung mal dan juga para undangan. Judika dan Ersa Mayori pun tidak ingin ketinggalan ikut berpartisipasi dalam rangka pemberian donasi melalui Lions Club Monas Kalingga dengan melelang pakaian yang pernah mereka pakai.

PicsArt_02-22-11.50.35
Penyerahan Piagam MURI Setrika Bekerja Terlama Non Stop

PicsArt_02-22-11.58.09
Judika yang ditantang menyanyi sambil setrika

cb20a628-fef5-4091-af2a-5e89c989a009
Saya di photo booth, kebayang kalau harus setrika pakaian segini banyak 🙂

Pengalaman saya dengan Setrika Philips HD-1173

PhotoGrid_1456200377580
The IronHood

Setrika HD-1173 yang saya punya di rumah adalah yang berwarna hitam, setelah saya coba pakai dan bandingkan, yang paling terasa perbedaannya dengan generasi sebelumnya adalah

  • Desain yang lebih elegan, karena yang lama lebih cenderung kaku
  • Ketika saya coba gunakan untuk menyetrika celana jeans, daya luncur juga cenderung lebih mulus
  • Kabel yang lebih panjang, sehingga membuat gerak menyetrika lebih leluasa dan tidak menyangkut di papan setrika
  • Beratnya lebih ringan daripada setrika saya yang lama

Secara umum, setrika baru saya ini memang lebih unggul daripada setrika sebelumnya. Setidaknya, jika ART saya cuti, saya sudah tidak perlu bersusah hati lagi mengumpulkan tekad baja untuk menyetrika.

7 thoughts on “Setrika Philips HD-1173, Menyetrika Jadi Menyenangkan

    • Wiihiiy, dimampiri mak Icoel saya…
      kalau waktunya pas saya juga pingin ketemu anggota KEB yang lain..
      Terima kasih sudah mampir mak..

  1. Setrika Philips emang tahan lama mbaak. Mamaku pake setrika Philips dari aku masih TK sampai sekarang (tahun kuliah kedua) masih bagus (y)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *