AKHIR TAHUN

LV

-Anda

Biasanya, kita melihat kembali kejadian sepanjang bulan yang dilewati jika sudah menjelang akhir tahun. Kaleidoskop kalau disebutkan di acara teve. Akhir tahun memang mempunyai daya kesan tersendiri untuk kita, untuk lebih mawas diri, berkaca, serta bersyukur. Desember yang basah membuat diri yang sentimentil menjadi lebih sentimentil dibanding bulan-bulan lainnya. Seharusnyalah kita begitu, supaya diri boleh menghargai waktu. Ya, waktu.

Rasanya baru saja riuh kembang api dan trompet memekakkan telinga, dan hari itu pun semakin dekat berulang. Sudah pantasnya kita menyisihkan waktu barang sejenak, memberi diri kesempatan untuk menjadi lebih baik lagi.

-Kami

Apakah kamu bahagia bersamaku?”

Ya, aku bahagia. Dan aku tidak perlu akhir tahun untuk tahu aku bahagia. Aku bahagia setiap hari bersamamu”

Itu jawaban saya kepada suami, sewaktu kami bicara di mobil. Percakapan itu mungkin terkesan berisi keraguan buat orang lain, tapi saya yakin ia tahu tanpa harus dijawab. Tapi saya percaya, ucapan seperti itu memberi energi positif untuknya. Sebaliknya juga, saya beberapa kali menanyakan hal itu kepada suami, mendengar ia memberi jawaban yang sama memberi saya perasaan bahagia luar biasa.

-Saya

Di akhir tahun ini, dan setiap harinya, saya tak berhenti bersyukur mempunyai suami seperti kamu, Joseph Tobing. Saya berdoa supaya Tuhan senantiasa memberkati keluarga kita, menjaga hati kita, dan melatih kita untuk menjadi pribadi yang saling menyempurnakan. Kita tahu kita kadang kurang menyadari kekurangan masing-masing, mendahulukan ‘diri’ daripada ‘kita’, bersitegang karena mungkin salah ucap, atau hati dan kepala yang kadang kurang singkron. Apapun itu, saya bersyukur sebersyukur-bersyukurnya bahwa saya memiliki kamu, menjadi bagian hidupmu, dan menjadi orang yang kamu pilih untuk menghabiskan sisa hidup bersama. Biarlah akhir tahun 2014 ini, menjadi lembar hidup yang kita catat baik dalam ingatan kita dalam mengarungi hidup bersama.

Rumah, akhir Desember 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *